26 ribu Mahasiswa Siap Beradu di OSN PERTAMINA 2015

| Share on Facebook

osn

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Lebih dari 26 ribu mahasiswa jurusan Sains dan Teknologi siap bersaing dalam kompetisi bergengsi Olimpiade Sains Nasinal Pertamina (OSN PERTAMINA) 2015. Kegiatan dilaksanakan secara serentak di  33 Provinsi dari 42 Perguruan Tinggi Mitra di Indonesia.

Pembukaan seleksi dilakukan oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir, Corporate Secretary Pertamina Wisnuntoro, Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis dan para Rektor serta pimpinan pejabat daerah se- Jabodetabek di Balairung Universitas Indonesia. Babak seleksi provinsi merupakan tahap penyisihan pertama OSN PERTAMINA 2015, dimana tahun ini jumlah peserta mencapai 25.671 peserta untuk kategori teori dan 357 peserta science project. OSN PERTAMINA 2015, merupakan perhelatan yang ke-8 dan sejak kompetisi sains bergengsi ini diadakan, telah menjaring lebih dari 120.000 peserta dari seluruh Indonesia.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengatakan kegiatan OSN PERTAMINA 2015 merupakan cikap bakal keterlibatan mahasiswa dan Perguruan Tinggi dalam upaya membangun kesadaran dan dukungannya dalam pengembangan ilmu sains dan teknologi. “Dengan adanya kompetisi science project kami berharap bisa mendorong lahirnya riset teknologi dari kampus yang bisa mendukung pengembangan Energi Baru dan Terbarukan,”jelas Muhammad Nasir.

Sementara itu, Corporate Secretary Pertamina Wisnuntoro menyampaikan OSN PERTAMINA tahun ini difokuskan pada tema “Energi Baru dan Terbarukan” dan untuk pertama kalinya bekerjasama dengan Perguruan Tinggi di Negara-negara ASEAN untuk kategori science project. “Cita-cita Bauran Energi Pemerintah di tahun 2025 nanti, sekitar 25% dari seluruh penggunaan energi akan menggunakan Energi Baru Terbarukan. Oleh karena itulah, kami berusaha untuk meningkatkan minat dan kemampuan mahasiswa di bidang tersebut sejak dini, salah satunya melalui science project ini,”jelas Wisnuntoro.

OSN PERTAMINA merupakan program CSR Bidang Pendidikan, sebagai implementasi dari visi Pertamina dalam mencerdaskan anak bangsa. Penyelenggaraan OSN PERTAMINA 2015 diharapkan dapat menghasilkan generasi muda Indonesia yang handal dalam bidang sains, yang bertujuan untuk membangun kesadaran mahasiswa akan pentingnya berprestasi untuk kepentingan pembangunan bangsa serta meningkatkan kepekaan generasi muda pada permasalahan bangsa dan melatih diri untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai masalah yang timbul di masyarakat dan daerahnya.

Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis selaku tuan rumah penyelenggaraan OSN PPERTAMINA 2015 menyatakan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pertamina atas kepercayaan yang telah diberikan kepada UI sebagai penyelenggara kegiatan OSN tahun ini.

Universitas Tanjungpura menjadi Perguruan Tinggi Mitra Provinsi Kalimantan Barat. Seleksi tingkat provinsi OSN Pertamina 2014 terdiri dari kategori proyek sains dan teori diselenggarakan di Auditorium Universitas Tanjungpura pada 15 Oktober 2015. Acara ini dimulai sejak pukul 07.00 WIB dan berakhir hingga 13.00 WIB. Dadan Kusnandar, Ph. D., Dekan FMIPA Universitas Tanjungpura dan selaku PIC PT Mitra Prov. Kalbar dalam laporannya mengatakan peserta yang mengikuti OSN Pertamina 2014 kategori teori adalah mahasiswa D3/S1 yang berasal dari tujuh Perguruan Tinggi Negri dan Swasta di Pontianak. Peserta teori yang mendaftar sebanyak 639 peserta yang terdiri dari 121 peserta Matematika, 179 peserta Fisika, 152 peserta Kimia dan 187 peserta Biologi. Sedangkan untuk kategori Proyek Sains terdapat 17 tim yang mempresentasikan hasil karya mereka. PT. Pertamina (Persero) Provinsi Kalimantan Barat juga turut mendukung kegiatan ini dengan sosialisasi bisnis Pertamina dan menyediakan doorprize. Dalam sambutannya Syaefuddin mengatakan total hadiah yang disediakan oleh Pertamina tahun ini sebesar 3,3 Milyar rupiah. Rektor Universitas Tanjungpura, Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA hadir memberikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan OSN Pertamina ini. Pada Kegiatan Pembukaan OSN Pertamina ini hadir pula Dekan, Pembantu Dekan dan Ketua Jurusan dilingkungan Untan serta berbagai perwakilan Perguruan Tinggi di Kota Pontianak seperti IKIP PGRI dan Universitas Muhammadiyah Pontianak. Tim dari Universitas Indonesia Siti Aminah dan Siti Nurrohmah memantau kegiatan OSN Pertamina 2015.

Penyelenggaraan OSN-PERTAMINA 2015 terdiri atas enam tahap, yakni Sosialisasi dan koordinasi yang berupa audiensi antara DIKTI dan Perguruan Tinggi Mitra serta kegiatan Rakornas yang melibatkan panitia pusat dan daerah. Publikasi dan registrasi, yang dilakukan melalui website dan media sosial dimana registrasi peserta dilakukan secara online dan offline. Seleksi Tingkat Provinsi, atau babak penyisihan yang dilakukan serentak di 33 provinsi di Indonesia. Seleksi Tingkat Nasional, atau babak final di Jakarta yang melibatkan para finalis beserta dosen pendampingnya.  Penganugerahan hadiah, kepada para pemenang dan Perguruan Tinggi Mitra sekaligus sebagai acara penutupan OSN Pertamina 2015. Evaluasi OSN Pertamina 2015, yang dilakukan untuk menjaga akuntabilitas kegiatan.

OSN PERTAMINA 2015 terbuka bagi mahasiswa perguruan tinggi negeri atau swasta di seluruh Indonesia dan negara ASEAN. Peserta mahasiswa boleh berasal dari semua program studi atau jurusan yang dapat berasal dari Universitas, Institut, Sekolah Tinggi ataupun Politeknik.

Pada penyelenggaraan OSN PERTAMINA 2015, untuk Kategori Teori tetap akan mengkompetisikan empat bidang, yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Sedangkan untuk Kategori Proyek Sains, akan dikompetisikan karya cipta bertemakan “Energi Baru dan Terbarukan”. Pada kategori ini, seleksi dilakukan melalui dua babak, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final Tingkat Nasional. Penetapan kedua kategori kompetisi tersebut dimaksudkan untuk menggali gagasan dan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis permasalahan dan mencari solusi yang tepat melalui penelitian dan aplikasi sains maupun teknologi. Gagasan tersebut disampaikan dan divisualisasikan oleh peserta melalui scientific paper dan aplikasi model atau karya cipta. (Red)

(dibaca 319 X)