720 WNA Terdampar di Aceh Segera Dideportasi

| Share on Facebook

Dubes Bangladesh

LENSAKAPUAS, LANGSA –  Sebanyak 720 orang warga negara asing (WNA) asal Bangladesh yang ditampung di kamp pengungsian Kuala Langsa akan segera dideportasi ke negara asalnya. Duta Besar (Dubes) Bangladesh untuk Indonesia saat ini sedang mempersiapkan kepulangan warganya itu. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia, khususnya pemerintah daerah yang telah menerima warga kami. Saat ini sedang dilakukan pendataan dan kami minta bantuan UNHCR, IOM, dan Imigrasi setempat. Dalam waktu dekat akan kami deportasi,” ucap MD Nasmul Quaunine, Dubes Bangladesh  ketika mengujungi kamp pengungsian Kuala Langsa, Minggu (17/5/2015) siang.

Dalam perbincangan dengan warganya itu, terungkap bahwa para imigran itu bertolak dari negara mereka Bangladesh untuk mencari pekerjaan di Malaysia dan Thailand, akan tetapi ditolak oleh otoritas Malaysia, sehingga terlunta-lunta di lautan bebas hingga akhirnya diselamatkan oleh nelayan Aceh.

Mengetahui nasib warganya, Pemerintah Bangladesh melalui Dubes segera melakukan langkah kongkret  dengan menempatkan tiga orang Staf Kedutaan untuk mendata dan mendeportasi warga di pengungsian Kuala Langsa yang telah meninggalkan negara asal mereka 2,5 bulan lalu itu pulang.

Sementara, sejumlah warga Rohingya asal Myanmar yang masih tertampung di pengungsian masih belum dikatahui kejelasan langkah apa yang akan dilakukan pemerintah asal mereka.  Apakah mereka akan tetap bertahan di Aceh atau ada alternatif lain. (Alam)

(dibaca 693 X)