Agus Tami Terpilih Jadi Kades Desa Mungguk Lewat Musyawarah PAW

| Share on Facebook
pilkades Desa Mungguk

Jalannya musyawarah Pemilihan Kepala Desa Mungguk di kantor BPD Desa Mungguk Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau, Minggu (3/4/2016) – Ft.Joy

LENSAKAPUAS, SEKADAU – Proses musyawarah Pemilihan Kepala Desa Pengantian Antar Waktu (PAW) Desa Mungguk Kec Sekadau Hilir Kab Sekadau di Kantor Badan Perusyawarahan Desa (BPD) sempat tegang. Dari 3 calon kepala desa (Cakades) yang mendaftar, yakni Agus Tami, Merry Frida Sri Wahyuni dan Anwar Hadi, setelah dilakukan verifikasi, cakades Anwar Hadi terpaksa harus didiskualifikasi oleh Panitia karena tidak memenuhi syarat administrasi.

Suasana tegang pun mencair setelah kehadiran unsur Muspika Kecamatan Sekadau Hilir yang menjadi penengah dan memberikan arahan dalam mustawarah tersebut.

Camat Sekadau Hilir, Hemanto menjelaskan, pelaksanaan Musyawarah Pemilihan Kepala Desa Mungguk dilakukan karena kades definitif periode 2013 – 2019 Drs. H. Abang Ramly M.Si mengundurkan diri. “Musyawarah pemilihan kepala desa ini tujuannya untuk mendapatkan pengganti sementara penjabat Kepala Desa Mungguk sampai dilaksanakan Pilkades Tahun 2019,” kata Hermanto.

Mengenai adanya calon yang didiskualifikasi, menurut dia, sudah diatasi dengan memberikan penjelasan kepada yang bersangkutan soal peryaratan administrasi yang harus dipenuhi sebagai calon kepala desa, merupakan syarat mutlak.  “Karena tidak melengkapi syarat administrasi, terutama surat peryataan tidak pernah menjadi terpidana dari Pengadilan Negeri Sanggau, maka panitia mendiskualifikasi salah satu kandidat sebelum dimulainya pemilihan,” ucap Hermanto.

Ia pun berharap, Kades baru yang terpilih nantinya dapat meneruskan program – program Pemdes Mungguk sampai Tahun 2019,  terutama program yang sudah masuk pembahasan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Desa dan Kecamatan Sekadau Hilir. “Kepala desa pengganti harus bekerjasama dengan semua pihak di pemerintahan desa dan kecamatan untuk dapat mensinergikan program dalam membangun Desa Mungguk,” pintanya.

Sementara itu, ketua Pelaksana Musyawarah Pemilihan Kepala Desa Mungguk Abang Irwandi mengungkapkan bahwa proses Pilkades PAW itu sudah berjalan dengan lancar dan tertib. “Sudah tidak ada permasalahan, jadi pemilihan dilanjutkan,” ujar dia singkat.

Secara terpisah, Anwar Hadi kandidat kepala desa yang didiskualifikasi Panitia menyatakan bahwa ia menerima keputusan Panitia yang mengugurkan dirinya sebagai calon Kepala Desa Mungguk dengan alasan tidak terpenuhinya syarat administrasi, surat tidak pernah dipidana.

Ia berharap rekannya yang lolos dan terpilih sebagai kades nantinya bisa membangun Desa Mungguk ke arah yang lebih baik. “Semoga kepala desa terpilih nantinya dapat membangun Desa Mungguk lebih baik dan maju kedepanya, sehingga Desa Mungguk menjadi desa yang dijadikan contoh Desa lain,” ucapnya singkat.

Proses pelaksanaan pemilihan yang mendapatkan pengamanan dari aparat kepolisian, TNI dan Sat Pol PP Pemkab Sekadau serta dimonitoring oleh Muspika Sekadau Hilir itu, dilakukan melalui proses pemilihan secara langsung, umum bebas rahasia oleh  23 ketua RT, yang mana setiap RTnya mengikutsertakan 4 orang perwakilan warga dari tokoh masyarakat dan agama, 5 ketua RW, Kadus, serta 9 orang anggota BPD Desa dan ditambah staf desa itu, dengan total pemilih 131 suara. Hasilnya, dari 131 suara, Cakades Mery memperoleh  61 suara dan Agus Tami memperoleh 70 suara. Dengan demikian, Agus Tami menjadi pemenangnya.

Usai perhitungan suara, Kepala desa terpilih Agus Tami, ketika dikonfirmasi menyatakan bahwa dirinya siap menjalankan roda pemeritahan dengan sebaik mungkin sampai dengan akhir masa jabatannya, serta akan fokus pada program pembangunan di bidang pertanian dan infrastruktur desa

“Kalau bisa, kita jadikan Desa Mungguk lebih maju serta dapat menjadi desa percontohan atau tolak ukur desa lainya di Kabupaten Sekadau, mengingat letak desa yang masih berada di dalam Ibu Kota Kabupaten Sekadau,” harap Agus.

Kepada kandidat yang belum terpilih, Agus meminta untuk tidak berkecil hati dan berharap untuk dapat bekerjasama kedepannya dalam membangun Desa Mungguk agar lebih maju.

Usai pemilihan, selanjutnya akan dilakukan Rapat Pleno Penetapan Kepala Desa Mungguk PAW, yang direncanakan akan dilaksanakan pada Senin (04/04) besok .(Joy/red).

(dibaca 344 X)