Aksi Teatrikal Mahasiswa LKM Usung Tema ‘Ironi Negeriku’

| Share on Facebook

demo hti 3

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Sekitar 50 aktivisis mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di Kota Pontianak berkumpul di bundaran D’gulist Untan dalam rangka mengikuti agenda akbar Indonesia Congress of Muslim Students (ICMS) 2014 yang diselenggarakan Lajnah Khusus Mahasiswa HTI Kalimantan Barat.

Dalam aksi teatrikal dan musikalisasi puisi, mahasiswa menampilkan potret kerusakan akibat diembannya ideologi kapitalisme-demokrasi. “Di negeriku, para maling dan mafia bebas berkuasa. Mereka bebas menjarah apa saja. Maling ini berjas dan berdandan rapi bak raja. Pada kampanyenya ia berkata, pilihlah saya, Anda sejahtera,” ucap Muhammad Farizki, mahasiswa Universitas Panca Bakti Pontianak yang membawakan puisi dengan judul Ironi Negeriku.

Menurut pandangan ICMS, menjadi sebuah hal yang sangat ironis ketika pemilu berlansung para waki rakyat meminta dipilih dengan segenap daya upaya. “Sungguh ironis. Bahkan nama agama pun akan mereka pergunakan untuk memuluskan jalan menuju singgasana. Ironisnya Setelah berkuasa lewat pemilu  ‘si maling berdasi’ sekehendak hati. Memalak rakyatnya sendiri dengan beringasnya. Lupa akan janji muluk kampanyenya. Lupa segalanya, apalagi dengan sang Pencipta dan Tuhannya

“Inilah ciri mafia di negeriku,” syair Farizki.

Selain melalui musikalisasi puisi, LKM HTI juga menyuguhkan teatrikal yang menggambarkan betapa buruknya sistem kapitalisme-demokrasi. Bagaimana rakyat dipalak dengan berbagai kebijakan khianat. BBM dinaikan sehingga harga sembako melangit. Kesehatan gratis berkualitas bagai mimpi akibat diterapkannya BPJS. Bahkan untuk meraih pendidikan tinggi rakyat harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

“Kini perjuangan menumbangkan sistem demokrasi semakin disambut rakyat. Walaupun semakin keras hambatan yang dihadapi melalui tangan-tangan pengusa khianat, namun perubahan itu tetap akan terjadi dan semakin dekat datangnya. Islamlah yang akan menjadi solusi,” ulas narator.

Kegiatan ICMS Kalbar yang merupakan bagian dari acara puncak ICMS yang akan diselenggarakan di Jakarta 2 November 2014.

Editor : novi
Autor : Naim/LKM HTI Kalbar

(dibaca 580 X)