Antisipasi Gejolak Pilkada, Dewan Sekadau Inisiasi Rapat ‘Tertutup’

| Share on Facebook

(33)[1]

Albertus Pinus : Keputusan Tergantung Hasil Mediasi Panwaslu dan KPU Besok

LENSAKAPUAS, SEKADAU – Sehubungan dengan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Sekadau 2015, dan sekaligus menindaklanjuti pengaduan yang disampaikan oleh salah satu kandidat bakal calon bupati dan wakil bupati yang didiskualifikasi oleh KPU, pada Senin (31/8) Pimpinan dan Komisi A DPRD Sekadau bersama KPU, Panwaslu, Kepolisian, dan stakeholder lainnya mengadakan rapat tertutup di ruang Ketua Dewan.

Dimintai komentarnya usai rapat tertutup tersebut, Ketua DPRD Albertus Pinus menjelaskan bahwa selain menindaklanjuti tuntutan salah satu pasangan bakal calon yang disampaikan ke pihaknya,  ada beberapa agenda penting lainnya juga dibahas dalam pertemuan itu dan masih terkait pilkada.

“Jadi rapat yang dibahas hari ini, mempertanyakan tentang tuntutan salah satu pasang calon. Kita juga sudah sarankan, tetapi prosesnya kan sudah berjalan  di Panwas, jadi Panwas lah nantinya yang akan mempertimbangkan. Asalkan data-sata yang diminta sudah memenuhi syarat dan kalau Panwas mampu berargumen dengan KPU ya dipersilahkan jalankan sesuai aturan.  Kita hanya sebatas meminta penjelasan, supaya bisa berimbang,” terang Albertus Pinus.

Mengenai hasil, kata dia, tergantung keputusan antara mediasi antara KPU dan Panwaslu. “Sekarang kita tinggal menunggu hasil musyawarah antara KPU dan Panwas besok, Selasa (01/9). Itu kesimpulannya,” ucap legislator PDI Perjuangan menjelaskan. Sebab, lanjut Pinus, sesuai mekanisme yang diatur dalam undang-undang pemilu,  kewenangan tersebut ada di Panwaslu.

Menurut dia, secara kelembagaan pihaknya hanya sebatas meminta penjelasan. “Kita tidak bisa intervensi. Jadi, kita juga meminta penjelasan LHKPN, KPU sudah menjelaskan ke kita sesuai aturan yang ada, kita terima sesuai aturan. Mengenai keabsahannya LHKPN itu besok, kami tidak bisa sampai di sana. Kalau Panwasbisa dipertanggungjawabkan secara hukum  kita kenapa tidak, kalau tidak bisa dipertanggungjawabkan secara hukum kita lihat saja besok. Kita hanya ingin ini diberlakukan adil dan jujur, kita tidak ingin daerah ini tercoreng gara-gara ini,” tandas Albertus Pinus.

Hal tersebut, tegasnya, demi terjaganya situasi kamtibmas di Kabupaten Sekadau yang  tetap aman dan kondusif. (Novi)

(dibaca 327 X)