Apakah bilangan rasional itu?

Dalam bidang matematika, bilangan rasional sering direpresentasikan dalam bentuk de / q dimana q tidak akan sama dengan nol. Ini juga dikatakan sebagai jenis bilangan genuine. Jadi kita dapat mengatakan bahwa pecahan apa pun dengan penyebut bukan nol disebut bilangan rasional. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa’0′ juga merupakan bilangan rasional, karena kita dapat merepresentasikannya dalam structure seperti 0/1, 0/2, 0/3, dll. Tetapi bersama dengan bilangan rasional ada konsep bilangan irasional seperti itu akan membantu kita memahami representasi juga

Bilangan rasional dikatakan sebagai representasi yang benar karena ini akan membantu kita memahami bagaimana bilangan yang berbeda akan bekerja dan bagaimana cara kita menghitung pola representasi juga. Kami akan mencoba dan mempelajari karakteristik dan aplikasi dari bilangan rasional.

Apa itu Bilangan Rasional? )

Bilangan rasional, dalam istilah Matematika, dapat didefinisikan sebagai bilangan apa pun yang dapat direpresentasikan dalam bentuk de / q di mana kita memiliki nilai q ≠ 0. Selain itu, di sini kita dapat mengatakan bahwa itu adalah pecahan apa pun yang sesuai dengan kategori bilangan rasional, dimana bila kita hitung penyebut dan pembilangnya adalah bilangan bulat dan penyebutnya tidak sama dengan nol. Ketika bilangan rasional (pecahan) dibagi, hasil yang akan kita dapatkan akan dalam bentuk desimal, yang bisa berupa desimal akhir atau desimal berulang.

Bagaimana cara mengidentifikasi bilangan rasional? )

Ini sangat penting sehingga kita harus mengetahui bagaimana kita dapat mengidentifikasi bilangan rasional. Ada beberapa langkah dasar yang dapat kami lakukan untuk mengidentifikasi angka-angka tersebut

Semua bilangan rasional akan direpresentasikan dalam bentuk de / di, di mana q ≠ 0. Rasio de / q dapat disederhanakan lebih lanjut dan dapat ditulis dalam bentuk desimal juga untuk pemahaman yang lebih baik.

Himpunan angka rasional:

Akan selalu menyertakan angka positif, negatif, dan nol. Angka-angka ini juga dapat dinyatakan sebagai pecahan

Contoh Bilangan Rasional:

PQp / qRational10210 / two = 5Rasional 110001/1000 = 0.001Rasional 501050/10 = 5Rasional

Jenis Bilangan Rasional

Ada beberapa cara berbeda di mana kita dapat merepresentasikan bilangan rasional dan karenanya kita akan memiliki tipe yang berbeda dari bilangan rasional ini. Kami telah menjelaskannya di bawah ini:

Bilangan actual (R) yang akan mencakup semua bilangan rasional (Q). Bilangan actual mencakup semua bilangan bulat (Z). Integer melibatkan bilangan asli (N). Setiap bilangan bulat dikatakan bilangan rasional karena setiap bilangan bulat bisa dinyatakan sebagai pecahan.

Bentuk Standar Bilangan Rasional

Jika kita ingin mendefinisikan bentuk standar dari bilangan rasional yang dapat kita katakan bahwa itu tidak ada faktor persekutuan selain dari satu antara pembilang dan pembagi dan kita akan memiliki nilai pembagi menjadi positif.

Misalnya, 12/36 adalah bilangan rasional. Tapi bisa disederhanakan menjadi 1/3; jadi disini kita akan bisa menghitung pembagi dan deviden sehingga bisa dinyatakan sebagai pecahan.

Bilangan Rasional Positif dan Negatif

Kita semua tahu bahwa bilangan rasional berbentuk de / q, di mana de dan q adalah bilangan bulat. Juga salah satu syaratnya adalah, q harus berupa bilangan bulat bukan nol. Kita harus mencatat di sini bahwa bilangan rasional bisa positif atau negatif. Jika bilangan rasional positif, maka dalam hal ini baik de dan q adalah bilangan bulat positif. Tetapi jika bilangan rasional berbentuk negatif – (p / q), maka de atau q memiliki nilai negatif. Ini juga berarti itu

– (p / q) = (-p) / / Q = p / (q).

Berikut beberapa contoh bilangan rasional positif dan negatif.

Bilangan Rasional Positif Bilangan Rasional Negatif Jika kita memiliki nilai pembilang dan penyebut dari tanda yang sama, kita sebut negatif jika pembilang dan penyebutnya bertanda berlawanan Semua nilai lebih besar dari 0 Semua nilai kurang dari 0 Contoh: 11/17, 9/12 dan 2/5 semuanya dikenal sebagai bilangan bulat positif Contoh: -2/16, 9 / -13 dan -1/dan semuanya dikenal sebagai bilangan rasional negatif

Untuk lebih banyak pertanyaan dan jawaban tentang bilangan rasional cobalah belajar online.