Apel HUT Agraria Ke-53 BPN Prov Kalbar

| Share on Facebook

bpnLENSAKAPUAS, PONTIANAK – Apel HUT UU Pokok Agraria yang Ke-53 lewat tema “Dengan Semangat dan Jiwa UUPA Serta Berpedoman Kepada Sapta Tertib Pertanahan Kita Sukseskan Pelaksanaan Program Strategis Pertanahan Untuk Kemakmuran dan Kejahteraan Rakyat” Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Kalbar dengan Inspektur Upacara, Sekda Kalbar, Drs. M. Zeet Hamdy Assovie, MTM berlansung di halaman BPN Jl. Sultan Syahrir Abdurahman Pontianak beberapa waktu lalu.

Kepala BPN RI Hendarman Supandji dalam amanatnya yang dibacakan oleh Sekda Kalbar mengatakan, “Dengan semangat yang sama Badan Pertanahan Nasional RI mendorong setiap upaya yang berkembang di masyarakat dalam pemaknaan 53 Tahun UUPA. BPN RI tidak pernah berhenti untuk melakukan pembenahan diri serta perbaikan sistem pertanahan di negeri ini,guna menuju sistem pertanahan yang taat kepada azas pada Pancasila,UUD 1945 dan UUPA.

Dalam pemaknaan 53 Tahun UUPA tersebut, saya ingin menekankan bahwa betapa pentingnya suatu perubahan tentang cara pandang pengolahan pertanahan di tanah air kita, karena sesuai dengan Pasal 33 ayat (3) UUD 1945 dan hasil putusan Mahkamah Konstitusi dalam judicial review terhadap beberpa undang-undang terkait dengan sumber daya alam.

Belajar dari pengalaman selama ini, tugas yang sangat penting tersebut dalam bidang pertanahan kurang dapat dijalankan secara maksimal, salah satu kendala yang dihadapi adalah berkaitan dengan lembaga yang bertanggung jawab dibidang pertanahan yang berbentuk lembaga non kementerian.

Pada kesempatan yang baik ini saya sampaikan, bahwa sampai dengan tahun 2012 terdapat 7.196 kasus pertanahan, yang telah diselesaikan kasusnya berjumlah 4.291 kasus, sehingga awal tahun 2013 kemarin terdapat sisa sebanyak 2.905 kasus. Sampai dengan September tahun 2013 telah diselesaikan sebanyak 2.383 kasus pertanahan, namun demikian masih banyak terdapat sengketa pertanahan baru sebanyak 2.335 kasus, sehingga sampai dengan September 2013 terdapat sisa 2.857 kasus,” ulasnya.

Tampak hadir Kakanwil BPN 14 Kabupaten dan Kota Se-Kalbar, Waka Polda Kalbar, Pangdam XII TPR/yang mewakili, tokoh masyarakat, pemuka adat, serta pegawai di lingkungan Kanwil BPN Kalbar.

(novi)

(dibaca 624 X)