ARPUS Aceh Timur Lakanakan Penyuluhan Kearsipan Bagi Sekretaris Gampong

| Share on Facebook

 

As I Di ARPUS

Asisten I Bidag pemerintahan, Drs, Zahri, M.AP didampingi oleh kepala ARPUS Aceh TimurMTQ ke-32, Aceh Timur Ikut Pawai Ta’ruf dan Mobil Hias. Lanjut Baca ... », Subki, SE sedang menyematkan tanda peserta secara simbolis kepada dua orang perwakilan Sekretaris Gampong dalam acara Sosialisasi/penyuluhan Kearsipan Tahun 2016.

LENSAKAPUAS, ACEH TIMUR – Fungsi Sekretaris Gampong antara lain adalah melakukan pengkoordinasian terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Perangkat Gampong,  pengumpul bahan, perumus program, pemberi petunjuk untuk keperluan pembinaan penyelenggaraan pemerintah Gampong dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, pemantauan dan pengevaluasi terhadap kesekretariatan, pemberian pelayanan kepada masyarakat di bidang pemerintahan, perekonomian, dan kesejahteraan, pengurusan administrasi keuangan, perlengkapan rumah tangga surat menyurat dan kearsipan serta memberikan pelayanan teknis dan administratif kepada seluruh perangkat Pemerintah Gampong, penyusun program kerja tahunan Gampong dan pertanggungjawaban Geuchik, penyusun laporan pemerintah Gampong, penyusun dan penyampaian bahan rancangan peraturan Gampong dan pengevaluasi pelaksanaan tugas – tugas kesekretariatan.

Dari uraian mengenai tugas dan fungsi Sekretaris Gampong yang sering terabaikan adalah mengenai kearsipan yang sering sekali dikemudian hari menimbulkan permasalahan dikarenakan tidak lengkapnya bukti atau berkas pertinggal sebagai arsip bagi kantor Geuchik yang notabenenya merupakan pekerjaan Sekretaris Gampong.

Untuk menghindari permasalahan dikemudian hari terutama berkas – berkas mengenai pengunaan Dana Alokasi Gampong yang sekarang ini memang harus ada berkas pertinggal atau arsip pegangan bagi Sekretaris gampong sebagai ppegangan  apabila dikemudian hari ti,,mbul permasalahan mengenai ADG.

Seperti yang telah kita ketahui bersama-sama bahwasanya arsip merupakan warisan yang cukup tinggi nilainya untuk generasi mendatang yang perlu dipelihara serta dilestarikan karena tingkat keberadaan suatu bangsa dapat dinilai dari pemeliharaan dan pelestarian terhadap arsip, olrh karena itu keberadaan suatu arsip sangat penting untuk kepentingaan sejarah masa lalu, masa kini dan masa yang akan dating terutama arsip yang menyangkut masalah keuangan.

Berdasarkan hal tersebut diatas, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah melakukan acara Sosialisasi atau Penyuluhan Searsipan kepada 50 orang  Sekretaris Gampong yang berasal dari Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Peurlak Timur dann Kecamatan Peurlak Kota yang bertempat di Aula serbaguna Kantor ARPUS Aceh Timur pada Selasa  24 Mei 2016 yang dibuka oleh Asisten I Bidang pemerintahan, Drs. Zahri, M.AP. yang dihadir oleh Kepala Inspektorat Kabupaten Aceh Timur, Muhammad, SH, MH, Kadishubkominfo, Ir. Husi Thamrin, Camat Peurlak Timur dan sejumlah pejabat di lingkunggan Kantor ARPUS Aceh Timur.

Menurut Asisten I, Drs. Zahri, M.AP, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur sangat mendukung program sosialisasi atau penyuluhan kearsipan ini dengan harapan akan adanya perubahan terhadap kelangsungan pengelola arsip yang ada di Gampong agar dapat dikelola dengan baik, benar dan membeir dampak positif “ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan kegiatan Sosialisasi ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat baik untuk memberikan peemahaman dan pengetahuan di bidang kearsipan, disamping itu, pembinaan teknik kearsipan bagi Sekretaris Gampong agar nantinya bissa memperkenalkan kepada masyarakat di Gampong untuk lebih mengenal dan memahami serta menciptakan kearsipan yang lebih baik, sehingga masyarakat bisa memahami mengenai arti pentingnya sebuah Arsip sekaligus acara ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi pengelolaan arsip bagi Seketaris Gampong yang ada dalam Kabupaten Aceh Timur” pungkasnya.

Sementara itu Subki, SE selaku Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Aceh Timur mengatakan acara ini direncanakan akan berlangsung selama tiga hari yang dimulai sejak tanggal 24 sampai dengan 26 Mei 2016 dengan jumlah peserta yang terdiri dari para Sekretaris Gampong yang berasal dari kecamatan Sungai Raya sebanyak 12 peserta, Kecamatan Peurlak Timur sebanyak 20 Orang Peserta dan Kecamatan Peurlak Kota sebanyak 18 Peserta dengan menghadirkan tenaga pengajar yang berasal dari Badan Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Aceh dan para Pejabat dilingkungga Pemerintah Kabuppaten Aceh Timur. (alam/mmg)

(dibaca 300 X)