Bangunan Poskesdes Telok Nangka Tak Berfungsi

| Share on Facebook

DSC_9678

LENSAKAPUAS, KUBU RAYA – Pembangunan Poskesdes (Pos Kesehatan Desa) Telok Nangka Kecamatan Kubu, Kubu Raya, yang bersumber dari anggaran Dana Alokasi Khusus Tahun 2014 dinilai sia-sia alias mubajir. Pasalnya, fisik gedung untuk pelayanan kesehatan masyarakat desa itu, belum difungsikan sudah terdapat kerusakan. “Bangunannya sudah retak-retak dan atapnya juga sudah ada yang hancur,” ungkap Jamli salah satu warga Desa Telok Nangka belum lama ini.

Menurut penuturan dia,  karena bangunannya tidak terurus, ada warga sekitar yang nekat mengambil fasiltas yang sudah ada di Poskesdes. “Malahan ada fasilitas penampung air hujan berupa Tong Fiber sudah berpindah ke rumah salah satu warga yang tinggal di sekitar poskesdes,” kata Jamli.

Ia menyebut bahwa tidak ada tanda-tanda (Poskesdes) akan difungsikan. “Sejak dibangun sampai sekarang tidak ada aktifitas pelayanan, bahkan bagian sudut bangunannya juga sudah ditumbuhi lumut hijau. Pekarangan depan dijadikan lahan untuk menyimpan bibit sawitSawit Kalbar Terkendala Tata Ruang dan Pelabuhan. Lanjut Baca ... » yang tidak diketahui pemiliknya. Ini jadi pemandangan yang tidak nyaman,” tutur Jamli.

Jamli memperkirakan, anggaran yang telah digelontorkan untuk pembangunan poskesdes itu tidak lah kecil. “Bisa ratusan juta bahkan bisa mencapai miliaran rupiah.  Uang rakyat sia-sia, ini pemborosan,” terkanya sedikit kesal.

Untuk itu, kata dia, perlu dipertanyakan kepada dinas terkait, dalam hal ini Dinas Kesehatan Kubu Raya tentang alasan belum difungsikannya bangunan untuk pelayanan kesehatan masyarakat Desa Telok Nangka itu. “Jangan sampai pembangunan ini hanya dijadikan alasan untuk kepentingan  pelayanan kesehatan desa  melalui pembangunan puskesdes, namun hanya dijadikan sebagai obyek oleh oknum tertentu untuk memperkaya diri. Buktinya, apa yang sudah terlaksana tidak bermanfaat sama sekali,” tandas Jamli.  (fin/Budi G)

(dibaca 156 X)