Bank Kalbar Kembali Sabet Platinum Award

| Share on Facebook

dirut bank kalbar terima award201414 Tahun Berturut-turut Kinerja Sangat Bagus

Prestasi sangat membanggakan. Bank Kalbar sebagai Bank DaerahBank Permata Tawarkan Sejumlah Produk Unggulan Ke Nasabah. Lanjut Baca ... » milik masyarakat Kalimantan Barat kembali meraih Platinum Award pada Malam Penganugerahan Infobank Awards 2014 yang dihelat Majalah Infobank, Jumat (18/7) di Grand Ball Room, Shangri-La Hotel. Penghargaan ini diterima langsung oleh Sudirman HMY, Direktur Utama Bank Kalbar. Hadir pula pada acara tersebut Komisaris Bank Kalbar, Iriyanto dan Palal Aliboro serta Kepala Divisi Corporate Secretary, Muhammad Haddad.

Infobank Award tahun ini adalah yang ke-19. Menurut Dirut Info Bank, Benny Handhoni, tujuan Infobank Award adalah membuat peta perbankan yang kredibel serta kompetisi kinerja terbaik (sangat bagus). Jumlah reportase kinerja itu meliputi 120 buah bank seluruh Indonesia yang didasarkan atas kinerja Bank 2012-2013 menggunakan 5 kriteria utama yang terbagi ke dalam 7 rasio keuangan dan 4 angka pertumbuhan. Indikator tersebut antara lain rasio permodalan, kualitas aset (aktiva produktif), rentabilitas dan likuiditas serta efisiensi dan pertumbuhan dana, kredit, modal dan laba. Penilaian dibagi dalam kelompok Bank Modal di bawah Rp 1 T,  kelompok modal Rp 1-5T, dan Rp 5-30 T serta Rp 30 T ke atas, termasuk penilaian kepada bank-bank asing. Hampir seluruh aspek kinerja dalam perbankan dinilai secara independen. Mulai dari laporan neraca keuangan, pendapatan, hingga peningkatan melalui program-program andalan. “Info Bank memberikan penghargaan kepada bank sangat bagus. Yakni bagi mereka yang berpredikat 5 tahun berturut-turut, 10 tahun berturut-turut, serta 15 tahun berturut-turut. Masing-masing masuk kategori gold trophy, platinum trophy, dan titanium trophy,” ulas Benny. 

Penghargaan Platinum Award merupakan penghargaan yang kelima kalinya diperoleh Bank Kalbar dari lembaga pemeringkat nasional. “Selama 14 tahun berturut-turut mulai dari tahun 2000 hingga sekarang Bank Kalbar selalu mendapat predikat Sangat Bagus dari pihak independen. Ini membuktikan bahwa kinerja Bank Kalbar tidak diragukan lagi dan Bank Kalbar juga mampu bersaing dengan perbankan nasional lainnya” kata Sudirman HMY.

Dalam profil dan karakteristik Bank di kelompok modal Rp 100 miliar sampai dengan dibawah Rp 1 triliun berdasarkan modal sesuai dengan konsep API (Arsitektur Perbankan Indonesia), terdapat 54 Bank yang masuk dalam kelompok ini dan Bank Kalbar menduduki peringkat ketiga dengan nilai total 97,72 dan predikat “SANGAT BAGUS”.

Lebih lanjut Sudirman HMY mengharapkan dengan adanya penilaian “SANGAT BAGUS” selama 14 tahun berturut-turut dari pihak independen, semakin menambah kepercayaan masyarakat untuk bertransaksi menggunakan produk dan jasa Bank Kalbar, karena dengan demikian berarti kita juga turut serta dalam memajukan perekonomian di Kalimantan Barat. Dana yang disimpan di  Bank Kalbar akan memberikan multiplier effect bagi pembangunan di Kalimantan Barat yang kita cintai ini.

Peran Bank Kalbar sebagai lembaga inter-mediasi di Kalimantan Barat dapat dilihat dari perbandingan antara market share Bank Kalbar dengan market share perbankan di Kalimantan Barat. Untuk jumlah aset, peran Bank Kalbar sebesar 23,55%, penghimpunan dana pihak ketiga sebesar 23,73% dan penyaluran kredit sebesar 16,39% (data BI posisi Maret 2013).

Sudirman HMY menambahkan, Bank Kalbar akan terus meningkatkan perannya dalam membantu menumbuhkan perekonomian daerah dan mewujudkan impian menjadi Bank Regional Champion. Terdapat 3 pilar BRC (BPD Regional Champion) yang harus dicapai Bank Kalbar dalam mewujudkan impiannya tersebut yaitu Ketahanan Kelembagaan Yang Kuat, Kemampuan Sebagai Agent of Regional Development dan Kemampuan Melayani Kebutuhan Masyarakat.

Sejumlah rencana telah dipersiapkan, diantaranya menambah modal dari pemegang saham dan memperbesar porsi laba ditahan. Posisi modal inti Bank Kalbar per 30 Juni 2014 telah mencapai Rp1,12  miliar. Penghimpunan dana pihak ketiga per 30 Juni 2014 mencapai Rp 10,03 triliun dan untuk penyaluran kredit sebesar Rp7,35 triliun.

Untuk jaringan pelayanan, saat ini Bank Kalbar telah memiliki 381 jaringan pelayanan yang terdiri dari 142 jaringan kantor (1 Kantor Pusat, 1 Kantor Cabang Utama, 19 Kantor Cabang Konvensional, 49 Kantor Cabang Pembantu, 1 Unit Usaha Mikro, 46 Kantor Kas, 1 Kantor Cabang Syariah, 4 Kantor Cabang Pembantu Syariah dan 5 Kantor Kas Syariah), 15 Kas Mobil, 1 Kas Terapung, 45 Payment Point, 53 Layanan Syariah dan 141 unit mesin ATM.

Atas nama pengurus Bank Kalbar, Sudirman HMY mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada nasabah dan seluruh masyarakat Kalimantan Barat yang telah mempercayakan pengelolaan keuangannya kepada Bank Kalbar.

Ia berharap, kepercayaan masyarakat kepada Bank Kalbar akan terus tumbuh dan berkembang secara sustainable. Tak lupa terima kasih disampaikan kepada Bank Indonesia perwakilan Kalimantan Barat dan BPK-RI perwakilan Kalimantan Barat yang telah memberikan pembinaan dan tuntunan selama ini.

“Ucapan terima kasih dan penghargaan juga kami sampaikan kepada shareholder Bank Kalbar (Gubernur Kalimantan Barat, Bupati dan Walikota se-Kalimantan Barat), DPRD Provinsi Kalimantan Barat dan DPRD Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat atas dukungannya untuk menumbuhkan Bank Kalbar selama ini serta seluruh karyawan/karyawati Bank Kalbar yang telah bekerja keras dalam rangka mendukung sepenuhnya pengembangan Bank Kalbar,” tambah Sudirman HMY. (Zl)

(dibaca 734 X)