Bantu Petani, TNI Terjun ke Sawah

| Share on Facebook
tni terjun ke sawah

TNI AD bersama kelompok petani Lestari di Kecamatan Beduai, Kabupaten, Sanggau Kalbar saat  menanam padi bersama (Ft. Pendam XII/Tpr)

LENSAKAPUAS, SANGGAU – Komandan Koramil (Danramil) 1204 – 03 / Beduai Pelda Sudaryanto bersama Camat Beduai, PPL dan kelompok tani Lestari Dusun Bengkuangsari, Desa Kasro Mego, Kecamatan Beduai melakukan  tanam padi bersama secara swadaya di lahan kelompok tani Lestari dengan luas lahan sekitar 2 Ha pada Minggu, 10 Mei 2015.

Disela-sela kegiatan tanam padi bersama, Sudaryanto mengatakan, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) akan selalu siap membantu  dan mengatasi kesulitan rakyat dan mendampingi petani sesuai tugas TNI, yaitu Tugas Ops Perang dan Tugas Ops Selain Perang. “Apalagi kegiatan tanam padi. TNI dan Kementerian Pertanian sudah melakukan kerjasama guna mensukseskan program Pemerintah dibidang Ketahanan Pangan menuju Swasembada Pangan,” kata Sudaryanto tersenyum.

Dijelaskannya, bahwa untuk jenis padi yang ditanam dalam kegiatan tersebut adalah jenis Varietas Inpara. “Penanaman  menggunakan sistem  tandur jajar dengan pola 4:1,” terang Danramil Pelda Sudaryanto.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Beduai A. Gani, S.Sos. mengajak dan menggugah kesadaran para petani untuk meningkatkan semangat kebersamaan dalam hal menanam padi. “Penanaman yang dilakukan secara bersama akan lebih cepat dalam penggarapan lahan. Apalagi saat ini sudah didampingi oleh Babinsa, tentunya para petani akan lebih semangat dan termotivasi,” kata dia.

Dengan adanya kegiatan pendampingan dari TNI AD, dalam hal ini Danramil dan Babinsa, Gani meyakini akan berdampak positif bagi petani dan hasil pertanian.  Bahkan, kata dia, Danramil dan Babinsa ikut turun langsung bersama para petani ke sawah. “Ini sangat positif,” ucap Camat Beduai.

Adapun sejumlah stakeholders yang hadir dalam kegiatan tanam padi bersama tersebut, diantaranya Camat Beduai A. Gani, S.Sos, PPL Desa Kasro Mego Harjono, Kepala Desa Kasro Mego Sudarso, Kepala Dusun Bengkuang Sari Udin Kurniawan, Ketua Kelompok Tani Lestari Eko Harmuji, Ketua Kelompok TaniLolham Baru Mahudin, Babinsa Kasro Mego Serda Niman dan anggotaKelompok Tani Lestari sebanyak 26 orang.

Rilis by : Pendam XII/Tpr, Kapten Inf Didin S
Editor : Alamsyah

(dibaca 514 X)