Bentuk Karakter Mahasiswa Baru Melalui PETIK 2013

| Share on Facebook
Jamalong, Pembantu Dekan III STKIP PGRI Pontianak (foto;novi)

Jamalong, Pembantu Dekan III STKIP PGRI Pontianak (foto;novi)

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Pembantu Dekan III STKIP PGRI POntianak, Jamalong menjelaskan,  Pengenalan Etika Kampus (PETIK) merupakan kegiatan pengganti Opspek atau yang lazim dikenal dengan istilah pelonco. Opspek, kata dia dimata masyarakat menjadi kurang bagus,  karena kesannya sebagai ajang balas dendam. “Alhamdulliah, kita mencari formulasi yang lebih bagus yang kemudian dikenal dengan Pengenalan Etika Kampus,” ungkap Jamalong belum lama ini.

Menurut dia, kegitan PETIk lebih pada  pengembangkan karakter dan bimbingan  etika dan perilaku kepada para mahasiwa baru. Sehingga, nanti ketika dia masuk kuliah sampai selesai secara intelektual mereka mampu  dalam mengabdikan diri kepada masyarakat.  “Mereka siap pakai di masyarakat  dan yang paling penting bagaimana mereka berperilaku yang santun, beriman, dan bertakwa,” harap Jamalong.

Kegiatan PETIK 2013, adalah yang ke-3 kalinya. “Pelaksanaan dan evaluasi, salah satu yang sangat efektif  untuk membentuk perilaku mahasiswa. Yang utama, bagaimana performance (penampilan) nya,” ujarnya.

Perfomance, lanjut Jamalong, mungkin bisa dilihat ketika mahasiswa sudah kuliah. “Mulai dari penampilan dan cara berpakaian, potongan rambut, mereka  sudah mencerminkan seorang guru,” jelasnya.

Kemudian yang ketiga, kata Jamalong menambahkan, bagaimana melalui kegiatan PETIK, mahasiwa baru  bisa membina keakraban baik diantara mahasiwa, dosen maupun karyawan. “Sehingga, ketika  mereka kuliah nantinya sudah tidak canggung-canggung lagi,” tandasnya. (novi)

(dibaca 835 X)