Berbagai Agenda Siap Meriahkan Karnaval Khatulistiwa

| Share on Facebook

karnaval
LENSAKAPUAS, PONTIANAK –
 Karnaval Khatulistiwa dalam rangka memperingati HUT RI ke-70 dengan tema “Optimis Menatap Masa Depan Indonesia”  akan digelar Sabtu (22/8)  di KotaPontianak, Kalbar.  
Karnaval tersebut akan di buka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan di hadiri oleh sejumlah menteri.

Jay Subiyanto, Ketua Panitia Karnaval dalam siaran persnya menjelaskan, sesuai tema maka Karnaval Khatulistiwa bertujuan membangkitkan optimisme masyarakat dalam mmenghadapi tantangan yang di hadapi. Karnaval ini juga menjadi ‘ Window Display ‘ untuk menunjukan ke negara- negara sahabat bahwa perekonomian Indonesia berjalan baik termasuk didaerah. Karnaval juga mencakup karnaval air, yang menunjukan kekuatan Indonesia sebagai poros maritim. Meski pelaksana adalah pemerintah daerah/ Provinsi, negara tetap hadir dalam hajatan bangsa ini.

Kegiatan karnaval ini di harapkan rutin setiap tahun dengan lokasi berbeda dan diselenggarakan oleh pemerintah daerah atau provinsi secara mandiri. Karnaval khatulistiwa juga dimaksudkan untuk mempertunjukan kekayaan khasanah budaya undonesia sebagai negara kepulauan dan negara maritim. Untuk tahun ini Pontianak Kalimantan Barat terpilih karena merupakan daerah perbatasan yang memiliki banyak sungai yang bermuara ke laut. Pontianak juga tepat berada di garis khatulistiwa.

Karnaval khatulistiwa berisi rangkaian kegiatan yang berisi atas karnaval darat, karnaval air (sungai), dan panggung hiburan rakyat. Peserta karnaval Khatulistiwa tidak saja berasal dari wilayah kalimantan barat. Ada 24 provinsi yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini diantaranya privinsi NAD, sumatera Utara, Jambi, Sumatera selatan, DKI Jakarta, Nusa tenggara barat dan Nusa Tenggara Timur, sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku, dan papua. Total peserta lebih dari 4.000 orang termasuk 1.482 orang diluar daerah Kalimantan Barat.

Karnaval darat menampilkan aral – arakan kendaraan hias dan pejalan kaki yang menggunakan baju adat. Parade kendaraan hias terdiri atas 5 mobil VVIP, 16 mobil hias dari Kalbar, 16 mobil hias dari provinsi lain, 100 sepeda ontel dan 50 motor besar. Jumlah peserta karnaval darat  dari kalbar 1.040 orang dan dari provinsi lain 1400 orang. Ada juga 700 orang pelajar pejalan kaki, 980orang penari, serta melibatkan sejumlah marching band (antara lain 550 orang korps band akpol dan marching band dari sekolah-sekolah terpilih). Presiden jokowi ikut dalam rombongan karnaval darat dengan menggunakan kostum adat. Karnaval darat akan dimulai pikil 14.00 dari rumah Radank hingga alun-alun Kapuas.

Usai karnaval darat , karnaval dilanjiutkan dengan karnaval air menyusuri sungai kapuas besar  menggunakan perahu tradisional yang di hias. Lebih dari 300 kapal ikut dalam karnaval air dengan jumlah peserta lebih dari 2.000 orang. Karnaval ini juga diikuti oleh peserta luar negeri yaitu dari serawak. Konvoi perahu hias akan dilepas oleh presiden jokowi dengan menyalakan meriam karbit dari anjungan depan mesjid sultan Abdurrahman ( ada 70 ledakan meriam karbit sebagai penanda dimulainya karnaval darat). Adapun konvoi perahu hias ini akan membentuk formasi 17 perahu di depan, kemudian diikuti 8 perahu dan 45 perahu dibelakangnya.

Rangkaian kegiatan karnaval khatulistiwaakan ditutup dengan panggung hiburan rakyat pada malam hari yang menampilkan artis dan musisi antara lain slank, marcello Tahitoe, saykoji dan artis lokal fery sape.

Karnaval khatulistiwa di pontianak menjadi puncuk dari serangkaian kegiatan peringatan kemerdekaan republik Indonesia yang diinisiasi pemerintah pusat bekerja sama dengan pemerintah daerah, Badan usaha Milik Negara ( BUMN ) diantaranya PT. Telkom dan Swasta a.l Hotel Harris dan G 70, Yaitu panitia Nasional Gerakan Ayo Kerja70 Tahun Indonesia Merdeka. (Novi/Syaiful)

(dibaca 490 X)