Bikin Pasport Cuma 3 Hari

| Share on Facebook

Hasanin : Mutu Layanan, Tergantung  Masyarakat

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Kasi Informasi Keimigrasian (Infokim) Keimigrasian Kalbar,  Hasanin mengatakan dalam hal peningkatan mutu pelayanan kantornya perlu keterlibatan masyarakat. “Tidak bisa Imigrasi kerja sendiri. tentunya peran aktif masyrakat juga sangat menentukan. Jadi kalau perubahan yang kita bangun tanpa peran serta masyarakat juga sia-sia semua,” ujar Hasanin di Pontianak, Senin (26/1) kemarin.

Kalau dulu, kata dia,  Imigrasi menerapkan waktu penyelesaian pembuatan pasport  selama 6 hari. “Kemudian dipangkas, supaya celah dari phak ketiga (calo) sudah tidak mungkin masuk lagi.  Tapi kalau masyarakat masih menggunakan pihak ketiga ya itu semua sia-sia juga,” ucapnya.

Dengan pemangkasan waktu pembuatan pasport, lanjut Hasanin, sudah tidak ada lagi celah bagi calo, termasuk biro jasa. Pemohon tidak bisa diwakilkan. Dia harus langsung datang ke kantor Imigrasi. Ambil nomor antrian, tunggu panggilan nomor antrian, foto, sidik jari, wawancara.  “Setelah selesai semua, kemudian dia pulang, lalu bayar di bank atau melalui ATM.  Tunggu 3 hari datang lagi ke kantor Imigrasi, paspor udah selesai,” jelasnya. (novi)

(dibaca 558 X)