Biro Dukcapil Kalbar Adakan Pembinaan Penyusunan Profil Daerah

| Share on Facebook
sopiandi

Sopiandi, Karo Dukcapil Setda Prov Kalbar

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Kegiatan Pembinaan Penyusunan Profil Kependudukan Tahun 2014, yang diselenggarakan Biro Kependudukan dan Catatan Sipil Setda Provinsi Kalimantan Barat di salah satu hotel di Pontianak, dibuka oleh Assisten I Setda kalbar.

Kepala Biro Kependudukan dan Catatan Sipil Setda Provinsi Kabar Sopiandi mengungkapkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membahas masalah pembinaan penyusunan profil Provinsi Kalimantan Barat, yang datanya dari kabupaten dan kota se-Kalbar. “Kabupaten dan kota mambuat profil yang dirangkum dari data kecamatan, kemudian provinsi merangkumnya kembali untuk disampaikan ke pusat,” terang Sopiandi.

Dijelaskannya, profil kependudukan termasuk profil daerah nanti akan disusun untuk dibuat proyeksi. Proyeksinya itu, kata Sopiadi, keluarnya menjadi profil perkembangan penduduk dalam arti tingkat data base, kemudian nantinya kerja sama dengan BPS. Untuk mengetahui IPM atau dengan kata lain mendapat data base tingkat pertumbuhan penduduk, kesehatan, buta huruf, P dan K, dan sebagainya.

Menurutnya, Biro Kependudukan dan Catatan Sipil Setda Kalbar, sudah dua kali mengeluarkan data. “Pada bulan Januari dan Juli, itu dimanfaatkan untuk perencanaan daerah, perencanaan nasional. Tidak hanya untuk sekedar untuk pilpres, sementara pilpres itu hanya sebagian yang sudah kita lakukan,” kata Sopiandi.

Ia pun berharap, semua pejabat yang datang ke Kalimantan Barat yang belum membuat surat pindah atau yang datang hanya sekedar beberapa bulan, tetapi dia memilih di Kalimantan barat pada tanggal 9 Juli 2014 untuk bisa segera melapor. “Untuk kami masukan dalam daftar DPT khusus,” pintas Sopiandi. (novi)

(dibaca 708 X)