BKKBN PP Kota Langsa Sosialisasi Program PUG

| Share on Facebook

bkkbn wikipedia

Logo BKKBN /Ft.wikipedia

LENSAKAPUAS, LANGSA – Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Pemberdayaan Perempuan (BKKBN PP) Kota Langsa menggelar Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Sosialisasi tentang Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), acara yang berlangsung di aula BKKBN PP setempat pada Kamis (4/6) sampai Jum’at (5/6) dibuka oleh Sri Kemala Sari didampingi T. Ratna Laila Sari. 

Menurut Sri Kemala Sari, Pengarustamaan Gender atau disingkat PUG adalah merupakan salah satu program percepatan implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) di lingkungan SKPK Kota Langsa. “PUG adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia, rumah tangga, masyarakat dan negara,” terang Sri.

Dikatakannya bahwa melalui PUG, kebijakan dan program akan memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program di berbagai bidang kehidupan dan pembangunan. “Dengan PUG, semua program pembangunan dapat dilaksanakan dengan mempertimbangkan kesempatan dan akses perempuan terhadap program pembangunan, sehingga ada kendali dan manfaat untuk perempuan,” ujar Sri Kemala yang juga politisi dari Partai Nasdem. Pada prinsipnya, sambung dia, penerapan Perencaan Pengangaran Responsif Gender (PPRG) menjadi kewajiban seluruh tugas para perencanaan dan pembuat kebijakan disetiap SKPK.

Sementara itu, Anggota Dewan dari Partai Demokrat Ratna Laila Sari mengaku bersyukur atas diselenggarakannya kegiatan tersebut. “Alhamdullilah sosialisasi PUG ini bisa berjalan, sehingga posisi wanita setara dengan laki-laki. Kita memberikan apresiasi kepada pejuang pendahulu kita yang telah memperjuangkan emansipasi wanita dan kedudukan wanita supaya tidak dipandang sebelah mata. Dengan kegiatan ini, para wanita Kota Langsa dapat memahami apa itu gender,”  tutur Ratna.

Dalam laporanya, ketua panitia pelaksana Dra Chairiah menjelaskan, kegiatan sosialisasi PUG tersebut  didanai berkat usulan dari anggota DPRK Langsa dan diikuti oleh 53 SKPK seluruh Kota Langsa. “Kami sangat berterimakasih kepada anggota DPRK Kota Langsa, Sri Kemala Sari dari Partai Nasdem dan T Ratna Laila Sari dari Partai Demokrat yang sudah mau menitipkan usulan kegiatanya kepada kami,” kata Chairiah. (Alam/R.sai).



(dibaca 458 X)