BLHD Tingkatkan Kapasitas Petugas Inspeksi Melalui Bimtek

| Share on Facebook
adi yani

Adi Yani (ft:jayapos.com)

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Petugas Inspeksi Proper Kalbar terselenggara berkat kerjasama antara Kementrian Lingkungan Hidup RI dan Badan Lingkungan Hidup (BLHD) Provinsi Kalimantan Barat yang berlangsung di salah satu hotel di Pontianak belum lama ini. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh BLHD Kabupaten/Kota se-Kalbar dan pengusaha proper tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala BLHD Kalbar yang wakili oleh Kabid Dampak dan Penataan Hukum Lingkungan, Ir. H.  Adi Yani.

Usai ceremoni pembukaan, Adi Yani menjelaskan, kegiatan yang diselenggarakan pihaknya tersebut merupakan program penilaian terhadap kinerja perusahaan yang mencakup aspek pencemaran udara, air, limbah, dan kebersihannya. “Penangan limbahnya seperti apa, itu yang kita nilai,” kata Yani.

Menurutnya, dalam pelaksanaan inspeksi, petugasnya menyediakan form yang mesti diisi. Dengan demikian, kata dia, hasil penilaian terhadap ketaatan ataupun sebaliknya dapat disimpulkan. “Ada yang taat pun, kalau hanya sebatas administrasi tapi pengolahan limbahnya jelek, maka dia kita kasih warna hitam. Kemudian, kalau dia taati, tapi kadang masih mencemari, kita kasih warna merah,” terang Adi Yani. Untuk peringkat selanjutnya, dari merah naik ke peringkat biru, hijau, dan emas. “Kalau emas, selain dia telah melakukan pengolahan lingkungan juga termasuk CSR dan pemberdayaan pada masyarakat sekitar,” tandasnya

. (novi)

(dibaca 517 X)