Bupati Martin Resmikan Gedung Baru KPT

| Share on Facebook

peresmian-kantor-baru

LENSAKAPUAS, KETAPANG – Gedung Kantor Pelayanan Terpadu (KPT) Pemkab Ketapang yang dibangun dengan dana APBD sebesar Rp8 Milyar dengan tiga kali penganggaran tersebut akhirnya Jumat (23/12), diresmikan Bupati Ketapang Martin Rantan yang didampingi Wabup Suprapto, Sekda HM Mansyur, unsur Ketua DPRD, Kasdim 1203 Ketapang, Waka Polres Ketapang dan jajaran SKPD.

Kantor yang terletak di Jalan S. Parman Ketapang itu nantinya akan ditempati Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPM-PTSP). “Dinas Penamaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ini dengan tugas pokok pelayanan perizinan dan non perizinan juga memiliki fungsi pengembangan dan penegendalian di bidang penanaman modal,” jelas Bupati Martin Rantan ketika sambutan.

Menurut dia, kedepannya diharapkan DPM-PTSP menjadi dinas yang potensial untuk mendongkrak pertumbuhan perkembangan ekonomi yang ada di Kabupaten Ketapang. “Dilihat dari aspek penanaman modal, kedepannya peran kepala dinas sangat penting agar para investor dari luar masuk ke Ketapang untuk menanamkan modal di daerah ini,” harap Martin.

Karena kalau tidak ada investor yang menanamkan modal membangun industri perkantoran, tentunya geliat ekonomi di Ketapang tidak akan terjadi. Kemudian, terhadap investor yang sudah ada di Ketapang, Martin berharap agar mereka bisa membangun pabrik pengolahan kelapa sawit dari TBS menjadi CPO, dan hadirnya industri hilir yang mengolah CPO menjadi produk seperti minyak goreng, sabun, cosmetic, mentega bahkan bahan bakar.

“Kita harapkan mereka tidak hanya mengolah TBS menjadi CPO dan langsung diekspor. Ini yang harus dipikirkan kepala dinas nantinya,” pinta Bupati.

Menurut dia, membangun Kabupaten Ketapang untuk menuju masyrakat yang sejahtera memerlukan biaya besar. “Peran pihak swasta dalam membantu pemerintah daerah sangat diharapkan, karena pihak swasta memiliki program CSRnya.  Disamping dari dana yang bersumber dari dana perimbangan, termasuk PAD, kita juga harapkan dunia swasta untuk bisa terlibat dalam rangka membangun daerah ini,” pesan Bupati Martin.

Melalui investasi, kata dia, tentunya akan memberikan tambahan PAD dan juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. “Untuk itu SKPD diharapkan membangun kerja sama dan kompak,” ajak orang nomor satu di Kabupaten Ketapang terhadap jajarannya.

Bupati mencotohkan kehadiran investor sangat membantu pemerintah, ada beberapa ruas jalan yang tidak terjangkau APBD, tetapi melalui program CSR dari perusahaan bisa dibangun, bahkan sarana ibadah sarana pendidikan.

“Kepada aparatur Pemkab Ketapang dan aparatur KPT agar dapat bekerjasama dengan maksimal dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dan tidak melakukan pungli,” tandas Bupati Martin Rantan. (jok /red)

(dibaca 305 X)