PERADI : Advokat Wajib Bantu Masyarakat Kurang Mampu

| Share on Facebook

peradi pontianak-vertLENSAKAPUAS, PONTIANAK – Pengangkatan dan pengambilan sumpah calon advokatViktor : PERADI Dibentuk Berdasarkan UU Advokat. Lanjut Baca ... » di wilayah hukumViktor : PERADI Dibentuk Berdasarkan UU Advokat. Lanjut Baca ... » Pengadilan Tinggi Pontianak pada Kamis(24/04) di Grand Mahkota Hotel Pontianak dihadiri oleh Kepala Pengadilan Tinggi Pontianak, Kapolresta, dan para undangan.

Ketua Sum Sertifikasi Ujian dan Magang DPP PeradiViktor : PERADI Dibentuk Berdasarkan UU Advokat. Lanjut Baca ... », Viktor Nadapdap mengatakan, advokat adalah salah satu dari penegak hukum diharapkan supaya bertingkah laku sebagai penegak hukum. “Jangan malahan bikin rumit hukum. Kalau di lihat dari aspek sosialnya dalam undang-undang kita, setiap advokat apabila ada masyarakat yang tidak mampu, dia wajib memberikan bantuan hukum secara sukarela, tidak di pungut biaya. Jadi kewajiban dia kalau ada seseorang atau kelompok orang yang mengalami perlakuan tidak adil, dia wajib hadir disana tanpa meminta honor, itu kewajibannya,” kata Viktor.

“Jadi, kalau ada masyarakat yang tidak mampu minta tolong kepada advokat dan advokatnya menolak, itu bisa dilaporkan kepada kita, itu sudah melanggar kode etik,” tegas Viktor.

Mengenai honorarium jasa advokat, jelas Viktor, memang tidak ada standarnya, tergantung kesepakatan para pihak. (Novi)

(dibaca 579 X)