Cegah Disintergrasi Bangsa menjaga keutuhan NKRI

| Share on Facebook

FPRMLENSAKAPUAS, ACEH TIMURMTQ ke-32, Aceh Timur Ikut Pawai Ta’ruf dan Mobil Hias. Lanjut Baca ... » – Dalam rangka menjaga perdamaian Aceh pasca Perjanjian Damai Helsinki, pada Kamis (14/3), LSM Forum Peduli Rakyat Miskin (FPRM) mengadakan kegiatan Seminar Sehari di Aula Kantor Camat Peureulak Kota dengan mengangkat tema “Partisipasi Masyarakat Dalam Mencegah Disintegrasi Bangsa Guna Menjaga Keutuhan NKRI” .

Seminar tersebut menghadirkan empat pemateri, diantaranya Tgk. Nurdin Nur, Ketua RUDA (Rabhitah Ulama Dayah Aceh), Mahfudi, Kabid Polmas (Politik dan Masyarakat) Kesbangpol Aceh Timur,  AKP Simson Purba, Kapolsek Peureulak Kota,  dan Kapten Inf. Nunu Rukmana, Danramil Peureulak Kota. Sedangkan pesertanya brasal dari sejumlah elemen pemuda, mahasiswa, tokoh masyarakat, Jajaran KPA wilayah Peureulak, Ormas, LSM, dan beberapa Keuchik Gampong yang ada di Aceh Timur.

Tgk. Nurdin Nur ketika pemaparan materi, mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kedaulatan NKRI yang merupakan tanggung jawab seluruh warga negara Indonesia. “Pada dasarnya rakyat Aceh setia kepada NKRI. Hal itu dibuktikan dengan berbagai upaya yang telah dilakukan dimasa penjajahan dalam menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Rakyat Aceh juga peduli untuk memajukan negara, salah satunya dengan memberi sumbangan untuk membeli pesawat pertama Indonesia,” kata Tgk. Nurdin Nur. Ia pun meminta kepada peserta untuk tidak melupakan sejarah tentang kepedulian rakyat Aceh dalam kedaulatan bangsa.

Begitupun halnya dengan Danramil Peureulak Kota, Kapten Inf. Nunu Rukmana. Ia juga mengajak masyarakat untuk merenung kembali pahitnya sejarah perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari  penjajahan Belanda dan Jepang.

“Berapa ribu pejuang kemerdekaan yang gugur demi satu kata, yaitu kemerdekaan yang hakiki. Maka kita sebagai penerus bangsa, wajib menjaga kedualatan dan keutuhan wilayah NKRI yang kita cintai ini,” ajak Danramil Peureulak Kota. (Alam)

(dibaca 499 X)