Dandim 1202/Skw Menghadiri Kegiatan Panen Raya di Kecamatan Tebas

| Share on Facebook

IMG_20160215_131822

LENSAKAPUAS, SAMBAS –  Komandan Kodim 1202/Singkawang Letkol Inf Nico Reza H. Dipura menghadiri  panen raya di kecamatan Tebas Kabupaten Sambas, awal pekan ini.

Komandan Kodim 1202/Singkawang Letkol Inf Nico Reza H. Dipura dalam sambutannya mengatakan, untuk memberikan dukungan terhadap  program pemerintah pusat untuk mewujudkan swasembada pagan, Kodim 1202/Skw terus memberikan dukungan secara proaktif melakukan pendampingan terhadap petani”, ujarnya.

Lanjut Dandim, TNI Angkatan Darat akan melakukan pengawalan hingga ke Babinsa, mulai dari pendampingan, pembenihan, pemberantasan hama hingga pengawalan distribusi pupuk hingga sampai ke tangan petani, tegasnya.

“Bahkan hingga panen pun kita akan melakukan pengawalan terhadap hasil produksi para petani hingga sampai ke Bulog bahkan sampai dipasarkan”, tuturnya.

Sementara menurut Petugas Penyuluhan Petanian Tebas Sungai Suliati mengatakan, pihaknya kini sedang melakukan pola bertanam padi dengan istilah Tak Pakai Lama (TPL) kepada para kelompok tani di Desa Tebas Sungai, Kecamatan Tebas. Namun pihaknya juga tetap menggencarkan teknologi pertanian dengan metode hazton, ungkapnya.

Suliati menjelaskan ide untuk menerapkan pola tanam dengan TPL muncul kala melihat para petani di kecamatan Tebas. Apabila telah memanen baru kembali menyamai padi setelah kurun waktu dua bulan berikutnya. Jeda waktu antara panen dan penyamaian dini lainya terlalu lama, jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian Sambas Musanif mengapresiasi ide penyuluhan pertanian di Desa Tebas Sungai yang mencanangkan pola tanam dengan konsep TPL. Menurutnya pola tanam tersebut dapat mendukung program Dinas Pertanian Sambas untuk memperluas luas tanam padi di Kabupaten Sambas. “ini hal yang positif dan boleh ditiru. Ini satu-satunya gerakan yang di Sambas ,”ucapnya.

Musanif mengharapkan Konsep TPL dapat meningkatkan indeks pertanaman para petani Sambas saat ini dari 1,6 menjadi 2,45 bisa terealisasi. (Red)

RIlis : Pendam XII/Tpr

(dibaca 395 X)