Dandim 1202/Skw Resmikan Jamban Untuk Warga Kurang Mampu

| Share on Facebook

1202 jamban 2LENSAKAPUAS, SINGKAWANGWuih, Pengedar Narkoba Koq Bisa Bebas. Lanjut Baca ... » Dandim 1202/Skw, Letkol Inf Nico H Dipura meresmikan jamban (MCK) untuk warga kurang mampu, di RT 14, RW 03, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kamis (5/11).

Persemian MCK tiga pintu, yang terdiri dari satu tempat mandi dan dua WC itu dihadiri Camat Singkawang Selatan, H Elmin, Kapolsek Singkawang Selatan, AKP Sukri, Danramil 1202/Skw, Kapten Inf Katirin, dan Danramil 1202-16/Sedau, Lettu Inf Taufik WR.

“Ini merupakan program dari TNI AD, yang diteruskan ke Kodim 1202/Skw, untuk membangun sejuta jamban di wilayah Singkawang, Sambas dan BengkayangWuih, Pengedar Narkoba Koq Bisa Bebas. Lanjut Baca ... » (Sing-Sayang),” kata Nico.

Sebagai wujud pembangunannya, katanya, maka pihaknya telah membangun jamban itu di pemukiman warga kurang mampu yang berada di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan.

Menurutnya, pembangunan jamban itu merupakan suatu simbol yang bisa terlaksana berkat dukungan masyarakat setempat.

Sedangkan makna dari pembangunan jamban ini, jelasnya, untuk memasyarakatkan sekaligus menyampaikan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, agar tidak Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Sesama insan Allah, katanya, maka sudah seharusnya kita memanusiakan manusia.
“Sangat-sangat tidak layak apabila kita melakukan BABS. Dan ini sekian ratus jamban yang sedang kita bangun dan kita buat. Alhamdulillah, masyarakat banyak sekali yang mendukung,” ungkapnya.

Dengan dibangunnya jamban di pemukiman warga kurang mampu ini, dia berharap, masyarakat setempat untuk dapat memanfaatkannya.

Disamping itu, dirinya juga mewajibkan setiap kecamatan ada dua titik jamban yang di bangun.  “Untuk satu titik minimal ada dua pintu,” pintanya.

Sementara Danramil 1202-16/Sedau, Lettu Inf Taufik WR mengucapkan terima kasih kepada Camat dan Kapolsek Singkawang Selatan, karena telah memotivasi dirinya untuk berbuat.

Ucapan terima kasih itu pun tak luput dari beberapa pengusaha yang ada di Sedau lantaran turut memberikan sumbangsihnya dalam pembangunan jamban tersebut.

“Dengan di bangunnya jamban ini, semoga masyarakat bisa hidup sehat, bersih dan jauh dari berbagai penyakit,” harapnya.

Sementara Lina, istri Ketua RT 14 RW 03, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, mengucapkan terima kasih kepada TNI dan masyarakat setempat. “Mudah-mudahan, dengan adanya jamban di sini, dapat memacu masyarakat yang belum memiliki jamban untuk membangun jamban di rumahnya masing-masing,” harapnya.

Sementara Mega, warga yang dibantu, mengucapkan terima kasih kepada TNI. “Kalau tidak di bantu, kapan kami punya jamban. Karena, uang hasil kerja hanya  makan sehari-hari,” katanya.  (Red)

Rilis : Pendam XII/Tpr

(dibaca 234 X)