Dandim 1204/Sgu Tanam Padi Perdana

| Share on Facebook

IMG_20160513_143030

LENSAKAPUAS, SANGGAU – Bertempat di lokasi cetak sawah Sumber Makmur, Dsn. Muara Ilai, Ds. Sei Ilai, Kec. Beduai, Kab. Sanggau dilaksanakan Tanam Padi Perdana pada Kamis (12 Mei 2016) lalu. Tanam padi perdana dilaksanakan oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.I.P, M.Si beserta ibu, Dandim 1204/Sgu, Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, S.Sos, Kadis Pertanian Sanggau, John Hendri, kepala BP4K Basitha Ginting, Camat Beduai, Abdul Gani, Kapolsek Beduai, Iptu H. Suharto, Danramil 1204-03/Beduai, Pelda Sudaryanto, Kelompok Tani Sumber Makmur dan masyarakat Dusun Muara Illai.

Cetak sawah  di Muara Ilai seluas 66,9 hektar,  Penanaman perdana dilakukan diatas lahan baru cetak sawah seluas 1 Ha dengan dengan menggunakan sistem Jajar Legowo 4:1, sedangkan benih padi yang digunakan adalah bibit Inpara 3.

Dandim 1204/Sanggau Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, S.Sos mengatakan, bahwa TNI sangat mendukung program pemerintah dalam kedaulatan pangan menuju swasembada pangan di Wilayah Kab. Sanggau khususnya untuk Kec Beduai.

Dandim mengharapkan agar lahan Poktan yang mendapat cetak sawah segera ditanam guna meningkatkan kesejahteraan pangan masyarakat. program cetak sawah merupakan kerja sama antara TNI dan Kementerian Pertanian.

Selain itu, Dandim juga mememrintahkan kepada Babinsa yang ada di wilayahnya agar selalu melakukan pendampingan terhadap kelompok tani mulai dari cetak sawah sampai panen. “Mantri Tani, PPL dan Babinsa harus senantiasa bersinergi, juga  berorientasi untuk menjadi petani yang modern, jadi manfaatkan dan gunakan alat pertanian yang modern seperti handtraktor dan mesin penanam padi untuk mencapai hasil yang maksimal”, tegasnya. Red

(dibaca 183 X)