Danramil 1204-03/Beduai Sosialisi Bela Negara

| Share on Facebook

IMG_20151109_143942

LENSAKAPUAS, SANGGAU –  Danramil 1204-03/Beduai Pelda Sudaryanto memberikan pembekalan Sosialisasi tentang Bela Negara kepada Masyarakat Desa Sei Ilai Kecamatan Beduai Kabupaten Sanggau, bertempat di Balai Dusun Batu Karang Desa Sei Ilai, Senin (09/11).

Dalam kesempatan tersebut  Pelda Sudaryanto mengatakan bahwa hakekat pembinaan bela negara adalah hak dan kewajiban warga negara dalam upaya untuk menjaga keutuhan NKRI, guna mewujudkan rasa nasionalisme dan patriotisme serta memiliki ketahanan nasional yang tangguh serta menjamin tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta terpeliharanya pembangunan nasional dalam mencapai tujuan nasional .

Menurutnya, Pembinaan belanegara perlu dilaksanakan disemua tingkat pendidikan baik di tingkat SD, Hingga tingkat perguruan tinggi agar menumbuhkan sikap mental yang cerdas, kritis , disiplin dan bertanggung jawab serta mempunyai rasa kebangsaan sebagai warga negara.

Pembinaan ini adalah untuk membangun ketahanan sosial masyarakat sebagai elemen utama pembangunan bangsa dengan pola pemberdaya generasi muda untuk menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan dan belanegara, sehingga dapat dijadikan landasan untuk membangun sumberdaya manusia yang ulet dan berjiwa nasionalis dalam rangka mendukung pertahanan negara sesuai dengan fungsi dan peran secara profesional, tegasnya.

Danramil juga menjelaskan 4 Pilar NKRI yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI serta 3 Unsur komoponen belanegara yaitu Komponen Utama, Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung.

Acara Sosialisasi dihadiri oleh Kepala Kesbangpolinmas Kab. Sanggau Antonius, Kasi Trantib Kec Beduai  Budiarto,  Kanitbinmas Polsek Beduai Bripka Suwito, Kades Sei Ilai . F. Sikin, Para Kadus Ds. Sei Ilai dan Masyarakat Ds Sei Ilai 85 orang.

(dibaca 322 X)