Danramil Pulau Maya Karimata Ajak Siswa Tingkatkan Kesadaran Bela Negara

| Share on Facebook

photo_2016-05-30_12-41-52

LENSAKAPUAS, KAYONG UTARA –  Komandan Koramil 08/Pulau Maya Karimata Kodim 1203/Ketapang, Lettu Inf Suyono menyampaikan materi Bela Negara (Belneg)  di Aula Kantor Camat Pulau Maya Karimata Kabupaten Kayong Utara, Senin (30/05).

Menurut Danramil bahwa penyampaian materi bela negara kepada para siswa-siswi SMK  dan SMP 1 Pulau Maya untuk memberikan wawasan bagaimana mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara, melestarikan budaya serta mejalankan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan UUD 1945.

“Kalau bukan kita selaku generasi muda yang menjaga dan mempertahankan negara ini, siapa lagi,” tegas Danramil.

Semangat juang dan patah semangat yang dimiliki kaum muda hendaknya dimanfaatkan sebagai dasar pergerakan pemuda dalam usaha pembelaan negara yang dilakukan dengan cara mengisi kemerdekaan dengan manampilkan sikap-sikap positif yang sesuai dengan ideologi bangsa dan konstitusi yang berlaku di indonesia, terangnya.

Selain itu, semangat bela negara dapat tercermin dari adanya kesadaran pemuda akan aturan-aturan yang harus dipatuhi dan dilaksanakan, serta adanya ketaatan hukum yang berlaku.

Menurut Syaipul Camat Pulau Maya Karimata, bahwa kegiatanbela Negara bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya generasi muda dalam hal ini siswa-siswi SMK dan SMP 1 Pulau Maya Karimata, agar mempunyai kebanggaan menjadi warga negara dan tanah air Indonesiayang berdasarkan  Pancasila dan UUD 1945.

Hadir dalam kesempatan tersebut  Perwakilan Polsek Pulau Maya Karimata  Bripka iwan, Staf Kesbangpol Kabupaten Kayong Utara Sukaryani, Guru pendamping SMK Pulau Maya Karimata Israil dan Guru pendamping SMP 1  Pulau Maya Karimata Yunita  serta 65 Siswa –siswi SMK dan SMP 1 Pulau Maya Karimata.

Rilis : Pendam XII/Tpr

Editor : Novi

(dibaca 275 X)