Database Dukcapil Kalbar Dapat Pujian KPU Pusat

| Share on Facebook
sopiandi dukcapil

Sopiandi, Karo Dukcapil Setda Kalbar (ft:novi)

Sopiandi : Ini Berkat Kerjasama Yang Baik Dengan KPUDKPPS Pertanyakan Pemotongan Honor oleh KPUD KKR. Lanjut Baca ... »

LENSAKAPUAS, PONTIANAK –  Kepala Biro Kependudukan dan Catatan Sipil Setda Provinsi Kalimantan Barat, Sopiandi menuturkan database pada pemilu legislatif April 2014  lalu mendapat puia dan dinilai oleh KPU Pusat sebagai yang terbaik. “Tidak ada banyak tuntutan dari para Caleg,” ungkap Sopiandi di Ruang Kerjanya belum lama ini.

Menurutnya, untuk sistem pemecahan persoalan yang berkaitan dengan NIK dan NKK Dukcapil Kalbar adalah provinsi tercepat. “Kalimantan Barat membuat suatu agreement dengan KPUD, bersama-sama dalam penyelesaian data. Hal ini terjadi  hanya ada perbedaan sistem saja antara KPU dengan Dukcapil, itu disatukan dalam bentuk sistem khusus sehingga semua terdata dan keluar dengan alamat dan tempat tanggal lahir,” terangnya.

Sopiandi mengakui untuk beberapa hal, pihaknya merasa  terbantu dengan adanya KPUD. “Orang-orang yang tidak atau belum melakukan verifikasi ulang terhadap datanya, dengan di catat oleh KPUD kami lakukan, sehingga tidak ada  lagi warga  masyarakat Kalbar yang tidak tercatat di Dukcapil,” kata dia.

Selanjutnya, kata Sopiandi, dengan adanya hubungan yang baik  dengan KPUD pihaknya mendapat data terhadap warga masyarakat Kalbar  yang sudah meninggal, dan tidak di laporkan oleh desa, kelurahan, ataupun di tingkat kecamatan.

(dibaca 534 X)