Dewan Kalbar Dukung RUU Daerah Otonom Baru

| Share on Facebook
Antonius Situmorang, Anggota DPRD Kalbar

Antonius Situmorang, Anggota DPRD Kalbar

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Barat dari Partai Gerindra, Antonius Situmorang  menyambut baik tentang rencana pembahasan RUU Daerah Otonomi Baru oleh DPR RI dan Pemerintah. Pusat  “Kita sangat mendukung, karena memang sejak awal kita menginginkan dan telah memperjuangkan agar pemekaran wil ayah di Kalimantan Barat segera direalisasikan,” kata Antonius Situmorang saat dihubungi melalui selulernya,  Minggu (27/10/) sore.

Antonius menjelaskan, mengenai  kesiapan daerah khususnya 2 Kabupaten dan 1 Provinsi yang masuk ke dalam usulan pemekaran di wilayah Kalbar,  secara umum sudah siap.  “Kita sudah turun ke lapangan, dari segi persyaratan administratif  sudah terpenuhi dan persyaratan kelengkapan infrastrukturnya juga sudah siap. Jadi sudah tidak ada masalah lagi,” ujarnya.

Kendati syarat secara adinistratif dinyatakan  sudah terpenuhi  dan infrastruktunya siap, Antonius Situmorang kembali  menyerahkan sepenuhnya ke Pusat.  Sebab, kata dia  kewenangan untuk menyetujui pemekaran atau tidaknya  semua ada di Pusat.  “Kita berdoa saja, mudah-mudahan cepat  direalisasikan,” ucapnya.

Kalau disetujui, tambah Anggota DPRD Kalbar Dapil Sintang, Melawi, Kapuas hulu ini, tidak serta merta akan dilepas begitu saja oleh daerah Kabupaten atau Provinsi induknya. Namun tetap didampingi sekitar  2 tahun. “Sambil melakukan pembenahan-pembenahan terhadap hal-hal yang dianggap kurang,” tandasnya. (novi)

(dibaca 944 X)