Dishub Gencar Sosialisasi “Lajur Kiri” Bagi Pengendara Sepmot

| Share on Facebook

Ist.(Ft.duniajalanjalan.com)
Ist.(Ft.duniajalanjalan.com)

LENSAKAPUAS, PONTIANAKEdi Kamtono Optimis Menang Satu Putaran. Lanjut Baca ... » Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishukominfo) Kota Pontianak belum lama ini melakukan sosialisasi pembagian pamflet “Edaran Wali Kota” kepada pengendara sepeda motor  yang melintas di perempatan traffic light bundaran Digulis Untan PontianakAir Mancur Bundaran Digulis Untan, Perhias Wajah Kota Pontianak . Lanjut Baca ... ».

Berikut bunyi Surat Edaran yang  disebar petugas,  “Untuk mengoptimalkan penggunaan jaringan jalan dan gerakan lalu lintasKapolda : Pentingnya Tertib Berlalu Lintas. Lanjut Baca ... » terutama bagi para pemilik dan pengemudi kendaraan bermotor termasuk para pemilik Rental Mobil Pontianak serta dalam rangka menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dan angkutan di Jalan Ahmad Yani Pontianak, Pemerintah Kota Pontianak berdasarkan Pasal 93 dan 94 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 20019 Junto Pasal 3 Huruf B, Pasal 22 dan Pasal 26 Ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2011 tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisis Dampak, serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas dengan ini menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Sepeda motor wajib menggunakan lajur kiri kecuali ketika akan berbelok ke kanan.
  2. Kendaraan bermotor roda 4 (empat) dan atau lebih dilarang menggunakan lajur paling kiri kecuali ketika akan berbelok ke kiri.
  3. Pelanggaran terhadap ketentuan ini mulai tanggal 1 Juni 2015 akan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 287 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Aturan ini ditujukan kepada seluruh pemilik dan pengemudi kendaraan bermotor tidak terkecuali para pemilik usaha Rental Mobil Pontianak. Informasi mengenai aturan lalu lintas dan angkutan jalan ini termuat dalam Surat Edaran Nomor: 73/SE/Dishubkominfo/2015.

Surat Edaran yang menggunakan Kop Wali Kota Pontianak tersebut ditandatangani oleh Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. (novi)

(dibaca 482 X)