Disperindag Kalbar Gelar Workshop Program Hilirisasi

| Share on Facebook

IMG01303-20140519-0920LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalimantan Barat bekerja sama dengan Kementrian Perdagangan RI menggelar “Pelatihan Peningkatan Nilai Tambah Produk/Komoditi Ekspor Dalam Rangka Hilirisasi” di Grand Mahkota Hotel Pontianak, Senin, 19Mei 2014.

Kegiatan yang diikuti para pengusaha, akademisi, dan instansi pemerintahan serta berlangsung selama 2 hari tersebut, dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Sugiri, yang dalam hal ini mewakili Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalimantan Barat.

Usai pembukaan, Sugiri menjelaskan, kegiatan workshop dan pelatihan program hilirisasi komoditi karet dan kelapa tersebut dilaksanakan, mengingat  potensinya sangat besar. “Makaya saya datangkan pakarnya dari Bogor untuk komoditi karet dan kelapa dari Jogjakarta,” kata Sugiri.

Menurutnya, didatangkannya pakar yang mengerti akan kedua komoditi tersebut, mengingat  persaingan yang semakin ketat menuju ekonomi Asean 2015, maka Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di Kalbar harus bisa berkembang. “Dipetakan, berapa  jumlahnya dan apa saja permasalahannya. Untuk itu,  instansi terkait harus bersama-sama, baik dari pusat maupun daerah,” terang Sugiri.

Ia pun menyayangkan atas tidak bisa hadirnya instansi pusat dalam kegiatan tersebut. Padahal, kata dia, kebijakan  maupun sinkronisasi program pusat dan daerah sangat penting diketahui guna kemajuan dan perkembangan produk karet dan kelapa. “Mungkin kesibukan mau pemilu dan lainnya, sehingga tidak bisa hadir, karena hari ini juga pembahasan harga patokan eksport di Jakarta. Tapi kita tetap jalan, karena kalau sudah program harus jalan dan pakarnya semua sudah ada,” ungkap Sugiri. (novi)

 

(dibaca 800 X)