Gubernur Lantik Alexius Akim Sebagai Pj.Bupati Sintang

| Share on Facebook
lantik akim

Caption FOTO: 1. Gubernur Kalimantan Barat Drs. CornelisApel HUT RI Ke-68, Gubernur Jadi Inspektur Upacara. Lanjut Baca ... », MH menyematkan tanda jabatan Penjabat Bupati Sintang kepada Drs. Alexius Akim, MM, karena periode Milton-juan sudah berakhir. Pelantikan Alexius Akim di Balai Petitih Kantor Gubernur KalbarApel HUT RI Ke-68, Gubernur Jadi Inspektur Upacara. Lanjut Baca ... », Rabu (26/8) 2. Penjabat Bupati Sintang Drs. Alexius Akim, MM berjabat tangan dengan Mantan Bupati SIntang Milton Crosby usai penyerahterimaan tugas yang disaksikan Gubernur Kalimantan Barat Drs. Cornelis, Mh. di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (26/8)

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Gubernur Kalbar Drs. Cornelis, MH, mengajak Mantan Bupati Sintang Milton Crosby menjadi dukun setelah tidak lagi beraktivitas sebagai Bupati Sintang, dan dirinya sudah pensiun jadi Gubernur Kalbar, “Kebetulan Batu di rumah sudah banyak, pensiun Gubernur mau jadi dukun jak, Pak Milton saya ajak jadi juru basa mandega (Mandega/asisten dukun),” ujar Cornelis ketika melantik Penjabat Bupati Sintang Drs. Alexius Akim, MM. Di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (26/8). Sontak saja seisi ruangan berkapasitas besar itu riuh oleh tawa hadirin.

Orang nomor satu di Kalbar itu memang dikenal sebagai macan podium, dalam pidato sangat piawai, sehingga dijuluki sang orator. Kemampuannya, bisa melihat situasi audiens yang mulai mengantuk sehingga joke-joke ringan spontan dikeluarkan.

Pada kesempatan itu juga, Cornelis meminta kepada Akim yang juga menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar untuk segera bertugas di Sintang meneruskan roda pemerintahan agar tidak terjadi kekosongan, selain itu juga untuk mengecek penyerapan anggaran sudah sejauh mana, karena presiden sudah berpesan agar mengoptimalkan penyerapan anggaran, “Pulang ini langsung bertugas, Presiden berpesan agar mengecek penyerapan anggaran sejauh mana, jika belum carikan jalan agar bisa terserap, ajak diskusi Kejari dan Kapolres, mencari jalan keluarnya,” ujar Cornelis.Selain itu juga dirinya meminta Akim agar segera berkoordinasi dengan formompinda Sintang, terutama aparat keamanan agar masyrakat keamanannya tetap terjaga.

Drs, Alexius Akim, MM dilantik sebagai Penjabat Bupati Sintang menggantikan Milton Crosby dan Ignatius Juan yang sudah habis masa jabatannya. Akim bukan orang baru di Sintang, sebelumnya juga orang nomor satu di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar itu pernah menjabat Kepala DInas Pendidikan Sintang.

Terkait Pilkada yang beberapa bulan ke depan memasuki tahap kampanye, mantan Bupati Landak itu berpesan agar tetap menjaga netralitas PNS, TNI dan polri, jangan sampai terlibat politik praktis.

Terkait program PKK, Cornelis berpesan agar. Singkron dengan program pemerintah, sehingga peran PKK sebagai mitra pemerintah terutam pembangunan keluarga bisa optimal. (Syaiful/..)

(dibaca 413 X)