Eks Kombatan Ikut Pelatihan Wawasan Kebangsaan

| Share on Facebook

DSC_2011

LENSAKAPUAS, LANGSA – Sejumlah mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAMPemerintah Aceh Tepati Janji, Din Minimi Serahkan Diri. Lanjut Baca ... ») yang tergabung dalam Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Rakyat Aceh (RAYA), mengikuti pelatihan wawasan kebangsaan dan bela negara yang diselenggarakan Kodim 0104 Aceh TimurMTQ ke-32, Aceh Timur Ikut Pawai Ta’ruf dan Mobil Hias. Lanjut Baca ... » di aula Makodim Jl. Jenderal A Yani Kota Langsa, Sabtu.

Ketua Ormas RAYA Mukti Alfiansyah mengatakan pihaknya yang merupakan mantan kombatan GAM merupakan warga negara Indonesia yang memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam upaya membela Negara Kesatuan Repubkik Indonesia (NKRI).

Menurutnya, saat ini semua kombatan sudah kembali kepangkuan ibu pertiwi dan mempunyai hak dan kewajiban yang sama sebagai rakyat Indonesia.

Dirinya sangat antusias terhadap program pembinaan teritorial yang dilakukan Kodim 0104 Aceh Timur.

Terkait materi wawasan kebangsaan, Mukti merasa bahwa semua orang termasuk eks kombatan harus bisa memahami pentingnya wawasan kebangsaan sebagai bagian dalam menjalani hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Ia menghimbau kepada semua pihak, khususnya eks kombatan untuk bersama membangun Aceh yang bermartabat, religius, sejahtera dalam bingkai NKRI.

“Saya mengajak kita semua untuk membangun Aceh, merawat perdamaian dalam bingkai NKRI,” ujar Mukti.

Mukti juga merasa senang bisa berbaur dengan sejumlah pengurus organisasi kepemudaan lain yang bersama mengikuti acara pelatihan tersebut.

“Ini menyenangkan. Ada ilmu, wawasan dan bertambah persaudaraan dengan teman lainnya sesama peserta,” sebut dia.

Mukti juga berharap agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan lagi dan bahkan dalam skala yang lebih besar dan pesertanya juga lebih banyak baik dari kalangan OKP maupun eks kombatan. (Alam)

(dibaca 381 X)