Empat Wilayah di Kalbar Target Lokasi Program Redd+

| Share on Facebook
Praktek Pembabatan Hutan masih terjadi  sampai hari ini (foto:dok.lensakapuas/agustus 2013)

Ket.foto : Praktek pembalakan hutan di Kalbar masih terjadi sampai hari ini, dengan mengantongi ijin resmi dari aparat berwenang (Doc. lensakapuas, September 2013)

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – National Coordinator IJ-Redd+ Project, Gun Gun Hidayat, Ph.D menjelaskan Program Redd+ Project adalah merupakan kerjasama antara Kementerian Kehutanan RI  dengan Jepang. Jadi, untuk daerah provinsi, kata dia, Dinas Kehutanan akan bertindak sebagai Pembina. “Tujuannya adalah untuk mengembangkan mekanisme Redd+ di Provinsi Kalimantan Barat,” ujar Gun Gun di Mercure Hotel Pontianak, Selasa, 29 Oktober 2013.

Menurut dia, nantinya di Propinsi Kalbar ada beberapa daerah yang akan menjadi lokasi target program, yakni Kabupaten Pontianak, Kabupaten Kayong utara, Kabupaten ketapang dan Kabupaten Kubu raya serta Taman Nasional Gunung Palong.

“Proyek kami akan berjalan selama 3 tahun, mudah-mudahan dari hasil ini nanti bisa mendorong Pemerintah Provinsi untuk bisa mengembangkan Redd+ Project, lebih khusus di Taman Nasional,” harap Gun Gun. Sebab, kata dia, saat ini Pemerintah Indonesia sudah menjalin kerjasama dengan Jepang melalui JCM (Joint Credit Mekanation).

Mengenai kerjasama, tambah Gun Gun, udah ada mekanisme bilateral antar kedua Negara. “Jadi, bagaimana upaya kita menjaga hutan, bisa dihargai oleh negara luar, khususnya Jepang,” tandasnya. (novi)

(dibaca 818 X)