Fasilitator PNPM Monterado Gelar Pelatihan KPMD2 & TPMD 2014

| Share on Facebook
sosialisasi program pnpm mnterado

Sosialisasi Program PNPM Mandiri Pedesaan Kec. Monterado, Kab BengkayangWuih, Pengedar Narkoba Koq Bisa Bebas. Lanjut Baca ... », Kalbar (ft:fauzi)

LENSAKAPUAS, MONTERADO – Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan merupakan bagian dari program nasional  untuk melengkapi dan memperkuat gerakan pemberdayaan masyarakat secara menyeluruh. PNPM Mandiri Perdesaan Generasi dilaksanakan untuk mempermudah akses masyarakat khususnya kepada kelompok masyarakat miskin guna mendapatkan layanan kesehatan ibu dan anak yang lebih di fokuskan kepada layanan 1000 hari pertama kehidupan, serta mempermudah akses masyarakat mendapatkan layanan pendidikan dasar dan menengah termasuk bagi anak berkebutuhan khusus, anak-anak putus sekolah agar bisa sekolah kembali.

Untuk merealisasikan program tersebut, pada Selasa (14/10) lalu, bertempat di aula kecamatan Monterado, Fasilitor PNPM Mandiri Pedesaan Moterado menggelar pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD 2) dan Tim Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPMD 2) tahun 2014.

Sulaiha, S.PdI., Fasilitator kecamatan Monterado kabupaten Bengkayang Kalbar yang ditemui disela-sela kegitan menjelaskan bahwa pelatihan yang berlangsung selama dua hari itu bertujuan untuk memberikan bekal dan pemahaman lebih kepada KPMD dan TPMD tentang Tupoksi KPMD dan TPMD, mengajarkan tentang pembuatan proposal dan RAB, penetapan dan perolehan layanan sasaran program, mengukur capaian indikator keberhasilan. “Sebagian besar materi disampaikan oleh fasilitator kabupaten Bengkayang,” ujar Leha, panggilan wanita berjilbab tersebut.

Lebih lanjut Leha menjelaskan, pelatihan – pelatihan sejenis akan terus dilakulan oleh pihaknya, agar KPMD dan TPMD benar-benar memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Ia mengungkapkan, untuk rencana anggaran yang akan dikucurkan di wilayah kecamatan Monterado pada tahun 2104 sebesar Rp1,8 Milyar, “Dana itu akan dibagikan untuk 11 desa yang ada di kecamatan Monterado sesuai proposal yang disetujui,” pungkasnya (fauzi)

(dibaca 1049 X)