GNPK Pinta Usut Tuntas Kasus Dermaga Ambruk

| Share on Facebook
Dermaga Sambas Ambruk (foto:matakalbar)

Dermaga Sambas Ambruk (foto:matakalbar)

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Wakil Ketua Gerakan Nasional Pemberantas KorupsiSidang Tipikor Irigasi Jangkang, Saksi Buka Kartu. Lanjut Baca ... ยป (GNPK) Kalbar, Ellysius Aidy meminta aparat berwenang untuk segera menyelidiki penyebab ambruknya dermaga senilai Rp2 milyar di Pasar Sambas belum lama ini. “Jangan dibiarkan menguap begitu saja. Penyebabnya tidak semata-mata karena faktor alam, tetapi mungkin ada faktor penyebab lain, seperti perencanaan yang kurang baik, terkait pengawasan, atau bahkan mungkin ada terjadinya mark up. Ini perlu diselidiki hingga tuntas oleh Instansi yang berwenang,” kata Aidy via SMS kepada LensaKapuas, Sabtu, 15 Februari 2014.

Untuk itu, lanjut Aidy, GNPK Koordinator Kalbar akan terus memantau proses penanganan masalah ambruknya dermaga tersebut, demi kebaikan bersama, sehingga kasus serupa tidak terulang lagi. “Pengguna anggaran APBD harus siap bertanggung jawab baik moral maupun secara hukum apabila ada ditemukan unsur melawan hukum dan merugikan keuangan negara dalam proses pembanguan proyek itu,” pinta Aidy.

GNPK Koordinator Kalbar, kata Aidy, sudah turun ke lapangan guna melakukan investigasi. Hasilnya, menurut dia, dari keterangan warga dan sumber informasi yang diperoleh atas proyek tersebut, pengerjaan dilakukan secara bertahap, mulai Tahun 2009, Ta.2010, Ta.2011, Ta.2012 dan Ta. 2013, dengan jumlah anggaran sebesar Rp 2.084.787.000.

Ia pun berjanji, dalam waktu dekat pihaknya akan menyurati instansi yang berwenang, dalam rangka pelaksanakan perintah UU No. 28 Tahun 1999 Tentang Penyelenggara Negara yg bersih dan bebas dari KKN, serta UU No. 5 Tahun 1999 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat Dalam Penyelenggara Negara dan UU No. 18 Tahun 1999 tentang Jasa Kontruksi. “Itu proyek Dinas Perhubungan Kominfo Kalbar,” tandas Aidy. (Novi)

(dibaca 1117 X)