Gubernur Apresiasi Langkah Pencegahan Korupsi di Kalbar

| Share on Facebook

LENSAKAPUAS, PONTIANAK  – Gubernur Kalimantan Barat, Drs. Cornelis, M.H., mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan semiloka dengan tema “Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi di Provinsi Kalimantan Barat” oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP)  yang bekerjasama dengan Pemprop Kalbar di ruang Balai Petitih Gubernur, Kamis, 17 Oktober 2013. “Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, saya memberikan apresiasi yang setinggi-tinggina kepada pihak penyelenggara yang telah mempersiapkan dan memfasilitasi acara ini,”ujar Cornelis dalam sambutannya.

Upaya pencegahan, kata Cornelis, harus diutamakan. Hal itu sesuai dengan yang diamanatkan dalam Perpres No.55 tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Jangka Panjang tahun 2012-2025 dan Jangka Menengah Tahun 2012-2014 serta Inpres No.1 tahun 2013 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi tahun 2013. “Acara semiloka hari ini sangat tepat dalam menyikapi tuntutan masyarakat seperti yang diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan,” kata Cornelis. Selain itu, lanjutnya, semiloka menjadi momentum penting dan strategis ditengah-tengah upaya pencegahan korupsi dilingkup Propinsi Kalbar.

Menurutnya, dari hasil evaluasi semester I oleh Mendagri terhadap 7 Nota Kesepakatan yang dicanangkan, Pemprop Kalbar mendapat penilaian 5 aksi kategori memuaskan atau 72%, sedangkan 2  aksi atau 28% masih perlu pebenahan. “Ini merupakan salah satu bukti bahwa Kalbar sungguh-sungguh dalam mempedomani dan menjalankan peraturan perundang-undangan yang diamanatkan,” ucap Cornelis. (novi)

(dibaca 630 X)