Hadapi Krisis Ekonomi Asosiasi BPD Gelar Seminar

| Share on Facebook
Seminar Asosiasi Bank Pembangunan Daerah RI

Seminar Asosiasi Bank Pembangunan Daerah RI

LENSAKAPUAS, PONTIANAK –  Seminar Nasional lewat Tema “Strategi Bank Pembangunan Daerah Dalam Menghadapi Krisis Ekonomi Global Untuk Mewujudkan BPD Regional Champion” yang diselenggarakan  Asosiasi Bank DaerahBank Permata Tawarkan Sejumlah Produk Unggulan Ke Nasabah. Lanjut Baca ... » Se-Indonesia  di Grand Ballroom Hotel Mercure Pontianak, Jl. Ahmad Yani Pontianak dibuka secara resmi oleh Lensus Kandri, SH, MH,  Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Sosial Setda Kalbar . Kamis (03/10)

Drs.Sudirman HMY selaku Direktur Utama PT.Bank Kalbar Pontianak   saat temui usai pembukaan seminar nasional mengucapkan rasa  syukurnya kita kepada Allah SWT atas terselenggara kegiatan.  Ia pun berkesempatan  mengucapkan selamat datang kepada Asosiasi Bank Pembangunan Daerah di Bumi Khatulistiwa Pontianak, Kalbar.

Dalam sambutannya, Sudirman menuturkan, “Seperti diketahui bahwa pada beberapa bulan terakhir ini tata perekonomian kita telah mengalami tekanan dan krisis secara besar-besaran yang diakibatkan kebijakan Pemerintah untuk menyesuai kan harga BBM yang memicu dengan naiknya harga barang-barang dan jasa,biaya transportasi,ongkos produksi dan upah tenaga kerja .”

Karenanya, ia melihat hal tersebut dapat mengakibatkan tingkat inflasi dari rasionya bergerak naik. Kemudian, kondisi  menjadi semakin berat dikarenakan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang US Dollar dan mata uang asing salah satunya seperti Ringgit Malaysia, Dollar Singapura dan Euro, serta harga saham ISHG (Index Harga Saham Gabungan) pada perdagangan Bursa Efek Indonesia juga ikut serta mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Sudirman menjelaskan, neraca perdagangan di indonesia pada bulan Agustus 2013 sudah pada tingkat surplus, di karenakan importir mengalami penurunan dan terjadi deflasi sekitar 0,35 %, untuk di bulan September 2013 IHSG kembali menguat yang lebih dipengaruhi oleh faktor domestik.

Sambut positif ia sampaikan karena pada di tengah-tengah kekhawatiran pangsa pasar akan pengaruh kepada sentimen global dan akhirnya terjadi shutdown yang telah dilakukan oleh Negara Amerika Serikat dan Gubernur Bank Indoneia tetap memproyeksikan tingkat inflasi akhir tahun berkisar pada angka 9-9,8 %.

Pada akhirnya Sudirman berharap seluruh Dewan Komisaris dan Direksi Se-Indonesia mendapatkan pengarahan yang jelas oleh para nara sumber dalam menntukan kebijakan serta menrapkan strategi yang jitu dan tepat sasaran untuk menghadapi krisis ekonomi global, supaya lebh dapat berperan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi daerah nya masing-masing, yang nanti pada akhirnya akan mewujudkan BPD sebagai Regional Champion, semuanya bisa terwujud apa bila seluruh BPD Se-Indonesia bersatu padu menjadi satu kesatuan maka BPD adalah sebagai Bank besar yang tidak saing dengan Bank Konvensional lainnya.

Tampak hadir dalam kegiatan, Ketua Umum ASBANDA Dr.Eko Budi Wiyono,MBA,seluruh Komisaris Utama BPD Se-Indonesia,Direktur Utama BPD Se-Indonesia,Direktur Pemasaran BPD Se-Indonesia,dan Dewan Komisaris serta Direksi PT.Bank Kalbar.

(novi)

(dibaca 490 X)