Hendarman Tegaskan Reformasi Birokrasi Layanan BPN

| Share on Facebook
Hendarman Supandji, Kepala BPN RI Kenker ke Kalbar (foto:miftah)

Hendarman Supandji, Kepala BPN RI Kenker ke Kalbar (foto:miftah)

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia (BPN RI) Hendarman Supandji melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Barat selama tiga hari, mulai tanggal 27 – 29 Maret 2014. Tujuannya,  untuk melihat secara langsung pelaksanaan kegiatan jajaran BPN RI di Provinsi Kalimantan Barat, khususnya dalam pelayanan kepada masyarakat. Sebab, adanya mindset masyarakat terhadap pelayanan BPN yang terbilang lama, sulit dan biaya mahal menurut Hendarman akan dirubah melalui reformasi birokrasi layanan BPN.

“Pelayanan cepat, murah, sederhana, pasti dan anti korupsi agar dijalankan secara maksimal oleh seluruh jajaran BPN RI, baik di Pusat maupun di Daerah” tegas Hendarman di sela sela kunjunganya di Kantor BPN kota Pontianak, Rabu, 26 Maret 2014.

Dijelaskannya,  untuk mendukung tercapainya pelayanan yang prima, BPN RI telah menyediakan layanan telekomunikasi menggunakan system IT. “Dengan sistem tersebut, masyarakat yang sedang mengurus pelayanan pertanahan di BPN  bisa memantau proses pelayanan yang diurusnya secara maksimal,” terang Hendarman.

Untuk BPN kota Pontianak, kata dia,  saat ini pelayanan sertifikat sudah mencapai 79 % dan sekitar 21 % lagi untuk di sempurnakan. Ia berharap BPN Kota dapat memaksimal nilai kekurangan tersebut, karena menurut Kepala BPN RI itu program sertifikat sudah ada pembiayaanya melalui prona dan proda. “Tinggal bagaimana melakukan sinergi dengan pemerintah daerah. Jika semuanya tercapai, secara otomatis masyarakat akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh BPN,” ujar mantan Kepala Kejaksaan Agung RI menjelaskan. (Miftah)

(dibaca 819 X)