Horee, Ketapang Punya Kantor Imigrasi

| Share on Facebook

IMG_20160304_163038

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM RI), Yasona Hamonangan Laoly pada kunjungan kerjanya ke Kalbar belum lama ini meresmikan Kantor Imigrasi Kelas III Kabupaten Ketapang di kantor Wilayah Kemenkum HAM Provinsi Kalimantan Barat.

Menkumham RI Yasona Hamonangan Laoly dalam kunkernya, ada 3 agenda yang dihadiri, yakni peresmian Kantor Imigrasi Kelas III Kabupaten Ketapang, penandatangan MoU dengan beberapa perguruan tinggi, diantaranya Fakultas Teknik Untan, STMIK Widya Dharma, BSI di Pontianak dan Pendidikan Hak Asasi Manusia bagi generasi muda.

Menyambut kedatangan Menkum HAM, Kakanwil Kemenkum HAM RI Kalbar MJ Baringbing memaparkan tentang profile maupun keadaan geografis Kota Pontianak dan Kabupaten Ketapang.

Dikatakan Barinbing, bahwa dengan diresmikannya Kantor Imigrasi kelas III Kabupaten Ketapang, maka akan mempermudahpelayanan dibidang keimigrasian pada masyarakat Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

Selama ini, kata dia, masyarakat Ketapang dan Kayong Utara yang ingin mengurus dokumen paspor harus datang dulu ke Kantor Imigrasi kelas 1 Pontianak. Saat ini tidak perlu lagi datang- jauh-jauh ke Pontianak apabila ingin mengurus paspor.

Selain itu, menurut Kakanwil, dengan adanya kantor Imigrasi di Ketapang, akan mengefektifkan pengawasan terhadap keberadaan Warga Negara Asing (WNA) yang ada di 2 kabupaten itu.

Menkumham RI Yasona Hamonangan Laoly disela-sela kunkernya ke Kalbar menjelaskan, bahwa Kalbar merupakan salah satu pulau yang cukup luas di indonesia, berkisar satu setengah dari pulau Jawa. Dengan luas kawasannya itu, kata dia, pastinya pemerintah dalam hal ini Kemenkum Ham berupaya untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan keimigrasian. “Jadi tidak harus mengejar ke Ibu Kota Provinsi lagi,” tandas Yasona. (Syaiful)

(dibaca 424 X)