IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa Jalin Kerjasama dengan UniSZA Malaysia

| Share on Facebook

mou 1

LENSAKAPUAS, LANGSA – Penandatanganan MoU yang dilakukan di komplek IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa tersebut, dari pihak IAIN dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Hasan Basri, MA dan dari pihak UniSZA oleh Prof. Dr. Kamaruddin bin Mohd Said yang menjabat sebagai Timbalan Setiausaha Agung Majlis Profesor Negara Malaysia/ Pengarah Institut Kajian ASEAN dan Antarabangsa UniSZA, yang disaksikan oleh Rektor IAIN Dr. Zulkarnaini, MA serta Prof. Dr. Zamri dari Malaysia.

Menurut Mulyadi Nurdin, acara tersebut turut dihadiri oleh unsur civitas akademika IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, seperti Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Drs. Basri Ibrahim, MA, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Iqbal, S.Ag, M.Pd, para Dekan, dan pimpinan lembaga di lingkungan IAIN. Sementara dari UniSZA hadir tiga orang pengurus.

Mulyadi Nurdin menambahkan bahwa dalam kesempatan tersebut Rektor IAIN mengharapkan adanya kesepahaman budaya dan keilmuan antara Indonesia, khususnya Aceh dan Malaysia sebagai masyarakat Melayu yang memiliki kesamaan budaya dan bahasa.

“Bahasa kita sama tetapi pengertiannya bisa berbeda, jika tidak dibangun kesepahaman bisa saja terjadi salah tafsir yang berujung pada pertikaian dan selisih paham,” jelas Rektor IAIN, Dr. Zulkarnaini, MA sebagaimana dikutip Humas Mulyadi Nurdin.

Mulyadi Nurdin menambahkan bahwa pihak Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Terengganu, Malaysia menawarkan berbagai program pendidikan kepada putra-putri Aceh dengan biaya murah, sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat. Malah untuk daerah konflik seperti Palestina belajar di UniSZA digratiskan. Sementara untuk Aceh diberikan keringanan potongan SPP sebesar 50 persen khusus bagi mahasiswa asal Aceh Barat sebagai kabupaten yang paling parah dihantam Tsunami tahun 2004 lalu.

Menurut Mulyadi Nurdin, pihak IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa siap bekerjasama di sektor pendidikan dengan berbagai pihak dan universitas lainnya di seluruh dunia dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Aceh. (Alam/Humas IAIN Zawiyah Cot Kala)

(dibaca 375 X)