Jelang Natal, Tim Lintas Sektor Ketapang Akan Sidak Toko dan Swalayan

| Share on Facebook
sidak-ketapang

Tri Kurniasih

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Menjelang perayaan Hari Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, tim gabungan Pemda Ketapang yang dikenal dengan Tim Lintas Sektor Pengawasan Barang Kadaluarsa dalam waktu dekat ini akan menggelar inspeksi mendadak (Sidak) makanan pokok dan parsel di sejumlah pasar daerah serta toko toko swalayan termasuk hypermart di Kota Ketapang Kalimantan Barat. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga makanan pokok layak konsumsi sebagai bentuk perlindungan kepada masyarakat.

Kabag Ekonomi Pemda Ketapang yang di SK kan oleh Bupati Ketapng sebagai Koordiantor Tim Lintas Sektor  C. Enny. A Kota Ketapang, pada Kamis (8/12/16), mengatakan bahwa sidak barang kebutuhan pokok dilakukan agar barang – barang yang dijual ke masyarakat layak dikonsumsi jelang Hari Natal dan Tahun Baru. Sidak tidak hanya terhadap barang-barang kebutuhan pokok saja, sejumlah parcel edisi Natal dan Tahun Baru juga turut diperiksa petugas.

“Kami mengapresiasi atas kepedulian Radar BI karena penanganan sosial seperti ini. Bukan hanya pemerintah tetapi menjadi kepedulian kita semua, Tim Lintas Sektor memang melibatkan beberapa dinas terkait, diantaranya Dinas Perindagkop, Dinas Kesehatan, Kantor Pelayanan Terpadu, Satpol PP.

“Dalam setahun, tim ini mengadakan sidak sebanyak dua kali saja karena terkait anggaran, untuk Hypermart sendiri tahun lalu kita pernah melakukan pemusnahan ditempat (Recoll) jenis susu. Khusus susu, sebulan sebelum habis waktunya harus ditarik dan tidak boleh dijual lagi kepada masyarakat. Tugas tim hanya dalam koridor pembinaan biasanya kita akan panggil pihak mnagemen diberikan surat agar menarik jenis makanan yang sduah tidak aman untuk dikonsumsi masyarakat,” ucapnya

Ditempat terpisah, Kepala Bidang Farmasi Barang Kadaluarsa Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang yang juga Tim dari Lintas Sektor Tri Kurniasih menjelaskan, Tim Lintas Sektor hanya dalam tahap pembinaan saja, lain halnya dengan Balai POM mereka bisa langsung menindak sesuai tugas dan pungsinya.

“Biasanya BPOM jika turun ke lapangan minta didampingi jika ditemukan barang batas aman dikunsumsi langsung dimusnahkan di tempat”

Tri Kurniasih mengingatkan agar masyarakat hati hati sebelum membeli barang makanan, perhatikan pula tanggal kadaluarsa agar tidak mengkonsumsi barang yang tidak layak, disamping itu hati hati dengan promo promo karana barang promo itu mendekati kadaluarsa, pungkasnya Tri.  (Jok/Red)

                                                              

 (dibaca 59 X)