Jelang Pilkada, IAIN ZCK Langsa – Bawaslu Aceh Teken MoU

| Share on Facebook
mou bawaslu iain langsa

Penandatangan MoU Bawaslu – IAIN ZCK Langsa /Ft.iainlangsa.ac.id

LENSAKAPUAS, LANGSA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Aceh dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa pada Rabu (13/5) lalu, telah menandatangani surat kesepakatan ‘Memorandum Of Understanding’ MoU Nomor : 001 / Bawaslu – Aceh / MoU / V / 2015 dan In.29 / I / PP.00.9 / 0068 / 2015.  Penandatangan MoU yang dilakukan sebelum Rapat Koordinasi (Rakor) di aula kampus IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa itu, dalam rangka pengawasan Pilgub, Pilbup, dan Pilwako Tahun 2017 mendatang. 

Adapun beberapa poin kesepatakan dalam MoU tersebut, meliputi pelaksanaan program pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam pengawasan dan pemantauan terhadap proses penyelenggaraan Pemilhan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Pemilihan  Wali Kota dan  Wakil Wali Kota.

Ketua Bawaslu Aceh Dra. Zuraida Alwi, M. Pd dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Rakor dan penandatanganan naskah MoU tersebut dilaksanakan pada tujuh titik di Aceh. “Untuk wilayah timur Aceh Bawaslu memilih IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa sebagai mitra kerja. Insyaallah, pada tahun 2016 tahapannya sudah dimulai. Dan harapannya akan terbangun sinergi dan penguatan pengawasan pemilu yang baik. Kita sadar penagawasan yang diamanahkan oleh UU tidak akan terkontrol dengan baik tanpa dukungan dari elemen mahasiswa dan masyarakat,”  aku Ketua Bawaslu.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa Dr. H. Zulkarnaini Abdullah, MA mengapresiasi Bawaslu yang telah mempercayai IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa sebagai mitra kerja.  “Kampus kami bukanlah kampus besar dan hebat, namun kami punya niat dan cita-cita untuk membesarkan serta membuat kampus kita ini menjadi hebat,”  ucap Rektor. 

Diselenggarakannya kegiatan Rakor, kata Zulkarnaini, mengingat pentingnya pelaksanaan pemilu yang jujur, adil, dan bermartabat. Oleh karena itu perlu ditingkatkan fungsi pengawasan guna mencegah dan meminimalisir terjadinya kecurangan – kecurangan yang kerap terjadi di Indonesia.  Pengawasan, sebut Rektor, tidak hanya dalam kegiatan pemilu saj, tetapi juga saat Ujian Nasional.

Selanjutnya, Rektor IAIN ZCK Langsa itu berharap, melalui kegiatan Rakor tersebut dapat memberikan pemahaman kepada para mahasiswa dalam pelaksanaan pengawasan pemilu di lapangan nantinya. “Sehingga mahasiswa yang notabene sebagai ‘agent of change’ mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat, baik kesadaran moral maupun hukum pada saat pelaksanaan pemilu mendatang,” tandas Zulkarnaini. (Alam)

 

(dibaca 377 X)

None found.