Jelang Rakoncab SAPMA, Empat Kandidat Siap Bertarung

| Share on Facebook

LENSAKAPUAS, LANGSA – Pengurus Cabang Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa (PC-SAPMA) Pemuda Pancasila Kota Langsa masa bakti 2014-2016 akan segera berakhir pada tanggal 22 Mei 2016 mendatang. Untuk melanjutkan estafet kepemimpinan ditubuh organisasi sayap Pemuda Pancasila tersebut, akan segera melaksanakan Rapat Konsolidasi Cabang (Rakoncab) pada tanggal 20-21 Mei mendatang.

Sedikitnya empat nama bakal calon (Balon) Ketua PC SAPMA Pemuda Pancasila Kota Langsa masa bakti 2016-2018 akan bersaing ketat guna memperebutkan tampuk kepemimpinan di organisasi kepemudaan itu, menjelang berlangsungnya Rakoncab nanti. Semua balon merupakan kader potensial yang dimiliki SAPMA Pemuda Pancasila Kota Langsa. Mereka adalah Sukma M Thaher, S.Pd yang saat ini menjabat sekretaris organisasi “loreng oranye” itu, Zainal Rauf, SP (Ketua Bidang Mahasiswa dan Olahraga), Juwanda, S.Pd (Ketua Bidang Siswa dan Pelajar) serta Farid Wajidi (Wakil Sekretaris).

Sukma M Thaher kepada awak media di Langsa, Selasa tanggal 3 Mei 2016 menyatakan, dirinya siap maju sebagai calon ketua pada Rakoncab mendatang. Initinya, kata dia, sejauh ini dirinya sudah mempersiapkan diri guna menyambung estafet kepemimpinan di tubuh SAPMA Pemuda Pancasila Kota Langsa untuk masa dua tahun ke depan.

“Insya Allah saya siap jika didukung sepenuhnya oleh teman-teman. Ini organisasi kader, terlebih ideologi kita adalah Pancasila dan saya siap untuk mengawal, mengamalkan dan implementasi nilai-nilai pancasila di tengah kehidupan kaum muda khususnya,” tutur Sukma.

Menurutnya, bila nanti peserta Rakoncab mempercayai dirinya sebagai nakhoda SAPMA Pemuda Pancasila, ia akan melakukan konsolidasi pembentukan sejumlah komisariat lain yang belum sempat terbentuk semasa kepengurusan periode 2014-2016, termasuk kalangan siswa tingkat SMA sebagai kader penerus Pemuda Pancasila masa depan.

Selain itu, dia mempunyai hajatan besar untuk melaksanakan program kemah bakti SAPMA Pemuda Pancasila se Regional Sumatera yang dilaksanakan di Kota Langsa sebagai bagian sumbangsih organisasi itu mendukung program Langsa Destinasi Wisata Tahun 2017 yang dicanangkan Walikota Usman Abdullah.

Akan tetapi, lanjut Sukma, dirinya tidak akan maju bila Ketua PC SAPMA Pemuda Pancasila Kota Langsa, Putra Zulfirman kembali mencalon diri. Namun, sampai saat ini yang bersangkutan, tambahnya, telah menyatakan tidak mencalonkan diri kembali dan mendorong semua kader untuk maju dan bersaing secara fair dengan menonjolkan kinerja, program dan membangun komunikasi dengan semua pihak dengan santun serta elegan.

Kandidat lainnya, Juwanda menyampaikan dirinya telah berkomunikasi dengan Ketua PC SAPMA Pemuda Pancasila, Putra Zulfirman, terkait ikhwal pencalonan dirinya dan telah pula mengantongi restu serta diminta untuk silaturahmi dengan ketua dan senior MPC Pemuda Pancasila Kota Langsa agar mendapat dukungan dari para tetua. “Saya sudah suwon ke Bung Putra, beliau mempersilahkan semua kader maju dan dia minta saya komunikasi dengan senior di MPC serta membangun jaringan ke pihak komisariat,” akunya.

Juwanda menegaskan, dirinya pada prinsipnya akan melanjutkan program kerja yang belum terealisasi di masa kepengurusan sebelumnya. Ia pula bertekad menjadikan SAPMA Pemuda Pancasila Kota Langsa sebagai laboratorium kader bagi Pemuda Pancasila dan induk organisasi kepemudaan di kota itu.

“SAPMA ke depan harus lebih berhasil dalam menciptakan kader potensial sebagaimana yang telah dirintis bung Putra. Dia berhasil membentuk kembali kepengrusan yang lama beku, merekrut kader muda guna mewarisi estafet kepemimpinan di SAPMA maupun MPC Pemuda Pancasila dan menempatkan sejumlah kader pada posisi strategis di jajaran pengurus DPD KNPI Kota Langsa,” papar Juwanda.

Ketua Panitia Rakoncab, Salyofa Reza Altasa menerangkan, pihaknya telah menyusun jadwal Rakoncab sebagaimana hasil koordinasi dengan PW SAPMA Pemuda Pancasila Aceh beberapa waktu lalu. “Kita tetap merujuk jadwal dan kesiapan PW SAPMA Aceh, karena sesuai AD/ART dan Peraturan Organisasi salah satu peserta Rakoncab dan pimpinan sidang nantinya adalah PW SAPMA Aceh,” jelas Reza.

Adapun peserta Rakoncab meliputi Pengurus Wilayah SAPMA Pemuda Pancasila Aceh, PC SAPMA Pemuda Pancasila Kota Langsa, Komisariat yang ada dan MPC Pemuda Pancasila Kota Langsa serta tamu undangan lainnya. Awalnya, lanjut Reza, pihaknya berencana menggelar Rakoncab pada tanggal 5 Mei 2016, akan tetapi PW SAPMA Aceh berhalangan dan diminta pelaksanaannya pada 20-21 Mei mendatang, demikian Salyofa Reza Altasa. (Alam)

(dibaca 363 X)