Ujicoba Jembatan Tayan Sebelum Difungsikan

| Share on Facebook

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Jembatan Kapuas Tayan adalah jembatan terpanjang yang ada di pulau Kalimantan. Jembatan Kapuas Tayan terdiri dari dua jalan akses (sisi utara dan sisi selatan. Dan dua jembatan yaitu jembatan pertama dengan panjang 280 meter dan jembatan kedua dengan panjang total jembatan 1.220 meter. Pada jembatan kedua terdapat jembatan struktur baja lengkung ( steel arch bridge) dengan bentang utama sepanjang 200 meter.

Jembatan Kapuas Tayan sudah selesai dikerjakan 100 % sesuai kontrak yang ada pada tgl 3 Desember 2015. Akan tetapi untuk dapat difungsikan sebagaimanana fungsinya, perlu dilakukan pengujian kepada jembatan itu sendiri dan juga jembatan secara keseluruhan (termasuk jalan akses) sebagai satu kesatuan.

Untuk jembatan rangka baja lengkung (steel arch bridge) telah dilakukan uji beban (loading test) pada tanggal 3 – 4 Desember 2015 dengan memberikan pembebanan berupa truk bermuatan sampai 25 ton sebanyak 8 buah dngan kombinasi titik pembebanan tertentu. Selain melakukan pengujian terhadap pembebanan jembatan, juga dilakukan pengamatan oleh Komisi Keamanan Jembtan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) terkait kondisi Jembatan Kapuas Tayan. Dari hasil uji beban didapat bahwa akibat beban angin ada catatan terkait getaran yang terjadi pada elemen penggantung (hanger), masalah ini telah diselesaikan oleh bantuan KKJTJ Dengan memasang sistem peredam getaran.

Kemudian karena ruas tersebut adalah jalan baru, dimana jembtan termasuk di dalam nya telah di lakukan uji laik fungsi jalan pada tgl 20-21 januari 2015 dengan yang melibatkan pihak2 eksternal yaitu dari kepolisian dan kementrian perhubungan. Uji laik fungsi menitikberatkan pada keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan yang nantinya akan menggunakan jalan tersebut sehingga administrasi, geometri, perambuan, dan marka pada ruas jalan tersebut harus diuji kelaikan nya.

Rencana uji coba dibuka untuk lalu lintas umum akan dilakukan pada hari Jum’at tanggal 19 Februari 2016, mulai Pukul 14.00 wib dan diperkirakan membutuhkan waktu 2 minggu untuk dievaluasi kembali. Selama uji coba jembatan dapat di tutup untuk penyempurnaan operasional.

Jembatan direncanakan dioperasikan dengan ketentuan-ketentuan berikut tinggi, kendaraan maksimum 5 meter, beban sumbu kendaraan maksimum 10 ton, kecepatan max 60 km/jam dan dilarang mendahului, kendaraan tidak boleh berhenti sepanjang jembatan, tidak boleh berjualan di sepanjang jembatan, dilarang melakukan tindakan-tindakan yang dapat merusak jembatan, dilarang membuang sampah sepanjang jembatan. (Novi)

(dibaca 231 X)