Kades Perbatasan Saksikan Warganya Serahkan Senpi ke TNI

| Share on Facebook

photo_2016-05-12_13-44-56

LENSAKAPUAS, PUTUSIBAU –  Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Yonif 312/Kala Hitam Letkol Inf  Yusuf Rizal memberikan keterangan pers usai melakukan kegiatan aerobik  di Pos Kotis Nanga Badau, Kamis (12/05) tentang penyerahan senjata api rakitan laras panjang jenis penabur dari masyarakat kepada Danpos Kantuk Asam.

Letkol Yusuf Rizal menceritakan  pada Rabu  11 Mei 2016, Danpos Kantuk Asam Serka Aria Seto memerintahkan Kopda Kisman Muhammad dan Kopda Martanto untuk melaksanakan kegiatan rutin tenaga pendidik (Gadik) di SDN Kantuk Asam Kecamatan Puring Kencana Kabupaten Kapuas Hulu. Usai mengajar  Kopda Kisman Muhammad dan Kopda Martanto melaksanakan anjangsana ke Kantor Desa Kantuk Asam, untuk menjalin silaturahmi dan mempererat kekeluargaan aparat  Desa Kantuk Asam, juga untuk mensosialisasikan kepada masyarakat  tentang bahayanya kepemilikan Jatmuhandak ilegal dan dapat dikenakan sanksi hukum.

Di Kantor Desa Kantuk Asam bertemu dengan Kepala Desa Kantuk Asam Nanco beserta dengan warga masyarakat.  Setelah lama berbincang-bincang dan melakukan himbauan kepada masyarakat di Desa Kantuk Asam yang masih memiliki senjata api lebih baik diserahkan kepada aparat  karena dapat membahayakan jiwa diri sendiri dan keluarga apabila disalahgunakan serta dapat dikenakan sanksi hukum, jelas Rizal.

Lalu salah satu dari warga masyarakat  yang bernama Stepanus Gunawan Jenang menyampaikan bahwa Ia masih memiliki senjata api, kemudian anggota Pos Kantuk Asam menanyakan “senjata api tersebut disimpan dimana pak ?”, lalu dijawab Stepanus, “ada pak saya simpan dirumah”. Setelah itu Stepanus atas kesadaran sendiri menyampaikan “nanti kita ambil ke rumah”, yang disaksikan oleh Kepala Desa Kantuk Asam Nanco.

Kemudian  Kopda Kisman Muhammad  dan Kopda Martanto melaporkan kepada Danpos Kantuk Asam Serka Aria Seto bahwa ada warga yang akan menyerahkan senjata api rakitan yang disimpan di rumahnya. Selanjutnya Danpos Kantuk Asam bersama Kopda Kisman Muhammad , Kopda Martanto dan Kepala Desa Kantuk Asam berangkat  menuju ke RumahStepanus, lanjutnya

Atas kesadaran sendiri Stepanus Gunawan Jenang (57) menyerahkan satu pucuk senjata api rakitan laras panjang jenis penabur/patah kepada Danpos Kantuk Asam disaksikan Kepala Desa Kantuk Asam Nanco, tukas DanSatgas Pamtas Yonif 312/KH Letkol Inf Yusuf Rizal. Red

(dibaca 142 X)