Kamarullah : Upaya Preventif Penting Bagi Pelaku Usaha

| Share on Facebook

gapki

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Ketua Program Magister Ilmu Hukum Universitas Tanjungpura Kamarullah menjelaskan, inti dari perlindungan dan kepastian hukum  dalam usaha kelapa sawitPeluang Pengadilan Jalanan Terbuka Lebar. Lanjut Baca ... » ada dua sisi. “Bagi pemerintah selaku pemberi izin bagi pelaku usaha dan  bagi masyarakat, jadi kegiatan dibidang kelapa sawit ada sinergitas, keharmonisan, saling menguntungkan, dan saling memberikan kemanfaatan. Sehingga terhindar dari  konflik-konflik yang sering terjadi saatakhir-akhir ini. Oleh karena itu, tujuan dari seminar ini adalah supaya semua pihak itu dapat memahami dan menyadari pentingnya saling mendukung serta kemanfaatan,” terang Kamarullah usai pembukaan Rakor GapkiSawit Kalbar Terkendala Tata Ruang dan Pelabuhan. Lanjut Baca ... » belum lama ini di Pontianak.

Jadi, kata dia, ketika ingin melakukan kegiatan usaha, perlu adanya kejelasan informasi lahan dan perijinan. “Artinya ijin-ijin itu diberikan sesuai dengan pemetaan. Jangan sampai terjadi  seperti yang ungkap Gubernur tadi, ada lahan masyarakat, ada kampung masyarakat dan sebagainya.  Untuk itu bagi pelaku pelaku usaha  perlu ada evaluasi maupun studi kelayakan terhadap lokasi yang menjadi areal usaha,” saran Kamarullah.

Menurutnya, antisipasi itu berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang sifatnya preventif. “Semua pelaku usaha juga harus melakukan langkah-langkah kebijakan preventif terhadap kegiatan usaha yang akan dilakukan, terlebih berkaitan dengan lahan. Kepastian akan status lahan sangat penting, sehingga terhindar dari konflik,” tandas ketua Program Magister Ilmu Hukum. (novi)

(dibaca 469 X)

None found.