KANA Tuding DPRK Aceh Timur Tidak Mampu Membuat Qanun

| Share on Facebook

lsmLENSAKAPUAS, ACEH – Ketua LSM KANA Muzakir  mengaku kecewa dengan kinerja lembaga legislatif Aceh TimurMTQ ke-32, Aceh Timur Ikut Pawai Ta’ruf dan Mobil Hias. Lanjut Baca ... ».  Menurut dia, sampai saat ini DPRK Kabupaten Aceh Timur periode 2014-2019 hampir dua tahun belum satupun qanun yang bisa dibuat. “Ini membuktikan  bahwa DPRK   belum dapat menjalankan tugasnya sebagai lembaga legislatif secara efektif,” ujar Muzakir belum lama ini. Hal tersebut ia kemukakan mengingat,   pada tahun 2015 ini ada 11 rancangan qanun prioritas yang seharusnya disahkan oleh DPRK, namun Badan Legislasi (BANLEG) belum menghasilkan satupun dari 11  Qanun yang telah diancang tersebut.

Untuk itu, ketua LSM KANA berharap agar pimpinan DPRK Aceh Timur dapat segera melakukan konsolidasi internal dalam waktu dekat ini, mengingat pentingnya produk hukum qanun dapat segera disahkan.
Muzakir mengindikasi, tidak dibahasnya qanun karena ketidak mampuan dewan ataupun  seringnya anggota DPRK keluar daerah, sehingga jarang masuk kantor. “Kalau memang  tidak mampu membuat qanun, lebih baik mengundang tim ahli hukum dari universitas yang  ada di aceh,” saran dia. Wakil rakyat Aceh Timur, sambungnya, agar jangan selalu keluar daerah atau kunjungan kerja menggunakan uang rakyat tanpa ada manfaatnya untuk pembangunan daerah.
Selanjutnya, ia pun mendesak  DPRK Aceh Timur untuk bisa transparan mengenai kegiatan kunjungan kerja (kunker) maupun studi banding  para anggota DPRK. (Alam/Atim)

(dibaca 306 X)