Kapolda Kalbar Sambangi Makodam XII/Tpr

| Share on Facebook

kapolda kunjungi kodam

LENSAKAPUAS, KUBU RAYA –   Kepala Staf Kodam XII/Tpr Brigjen TNIKasdam Lepas Yonif 132/Bima Sakti. Lanjut Baca ... » Ahmad Supriyadi menyambut kedatangan Kapolda KalbarHari Pertama Kapolda Baru Kalbar Ngantor. Lanjut Baca ... » Brigjen Pol Musyafak, SH. MM di Makodam XII/Tpr Jl. Arteri Ali Anyang No. 1 Sungai Raya, Kubu Raya, Selasa (07/06).

Kapolda Kalbar Brigjen Pol Musyafak yang didampingi Karo Ops Polda Kalbar Kombes Pol Hariadi ke  Makodam XII/Tpr untuk melakukan silaturahmi sebagai Kapolda baruHari Pertama Kapolda Baru Kalbar Ngantor. Lanjut Baca ... ». Selain Silaturahmi Kapolda menyampaikan dan koordinasi untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya daerah provinsi Kalbar.

Pemerintah Daerah Kalbar bersama TNI-Polri dalam hal ini Kodam XII/Tpr dan Polda Kalbar, bersiaga penuh menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah  Provinsi Kalbar, terutama  pada saat musim kering tiba, ujar Kasdam.

Kodam XII/Tpr dan Polda serta Pemda Kalbar telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kalbar dalam rangka antisipasi karhutla  melalui Babinsa dan Babinkamtibmas serta Kades wilayah masing-masing. Selain itu juga melakukan patroli langsung ke daerah rawan kebakaran dan hotspot yang dinformasikan oleh BMKG serta sudah disebarkan himbauan kepada masyarakat tentang bahaya dan dampaknya pada lingkungan dan manusia, terang Kasdam.

“Juga mengingatkan pihak perusahaan perkebunan untuk melakukan pengawasan secara ketat terhadap lahan yang dimilikinya agar tidak terjadipembakaran lahan”, tuturnya.

Terkait pemadaman titik api ini, yang menjadi kendala adalah kondisi lahan gambut dan cuaca dengan pergerakan angin yang selalu berubah-ubah serta sarana prasarana untuk memadamkan api yang tidak memadai. Oleh karena itu peran serta masyarakat dalam mengantisipasi dan memadamkan Karhutla turut menentukan pencegahan Karhutla.

Sehingga diharapkan tidak terjadi dampak buruk dari kebakaran hutan dan lahan tersebut seperti gangguan pernapasan dengan kondisi udara yang diselimuti asap serta liburnya beberapa aktifitas belajar mengajar anak sekolah yang sangat merugikan.

Turut mendampingi Kasdam menyambut Kapolda diantaranya Asrendam XII/Tpr Kolonel Inf Tato Hadiyan, Asintel Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf Albert Simanjuntak, Aspers Kasdam XII/Tpr Kolonel Inf Heri Purwanto,  Aslog Kasdam XII/Tpr Kolonel Czi Haryono, dan Waaster Kasdam XII/Tpr Letkol Inf Asrianus Bulo. Red

(dibaca 147 X)