Kapolda Pantau Arus Mudik Di Pelabuhan Dwikora

| Share on Facebook

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Untuk mengetahui secara langsung  kondisi arus mudik lebaran 1434  H melalui jalur air, Kapolda KalbarKapolda : Pentingnya Tertib Berlalu Lintas. Lanjut Baca ... », Brigjend Pol. Tugas Dwi Apriyanto mengunjungi KP3L Pelabuhan DwikoraTruck Fuso Pengangkut Lelong ditangkap Petugas. Lanjut Baca ... »  didampingi Kapolresta, Kombes Pol Hariyanta. Senin (05/08/1989)

Demi keselamatan, Kapolda  berharap,  seluruh penumpang yang akan mudik untuk tertib dan menjaga harta bendanya  yang dibawa dalam perjalanan.  ” Kalau ada hal-hal yang mencurigakan, sebaiknya cepat melaporkannya kepada petugas,” ujarnya.

Berdasarkan data Pos Pelayanan Pelabuhan Dwikora, arus mudik sejak  31 Juli s/d 05 agustus 2013, untuk keberangkatan mencapai 5.924 orang, dengan tujuan Semarang, Surabaya, Jakarta, Natuna, dan Serasan. ” Peningkatan penumpang untuk tahun ini kurang lebih 10 %,” ujar Dadang Rukmasna Asmi, ADM PT. Pelni.

Pantauan langsung LensaKapuas di lapangan, sejumlah penumpang saling berdesakan  ingin buru-buru naik kapal.  Joko, salah satu penumpang asal Kabupaten Sintang yang akan berangkat ke Surabaya, ketika diwawancarai mengeluhkan lamanya menunggu.  ‘ ‘Saya sudah menunggu dari minggu sore (04/08/2013), namun sampai kapalnya datang pun masih harus menunggu lama lagi, penumpangnya pun tidak tertib”  kesalnya.

Kapolsek KP3L, Iptu Cucu Safiyudin mengatakan, kendati dipadati calon penumpang, situasi di kawasan Pelabuhan Dwikora masih aman dan lancar. Namun, kata dia, aparat kepolisian tetap menghimbau kepada calon penumpang untuk selalu waspada dan mengantisipasi tindak kejahatan. “ Kami meminta seluruh pemudik yang ada di Pelabuhan Dwikora Pontianak untuk tetap waspada. Karena banyaknya  pemudik, biasanya pelaku kejahatan akan memanfaatkan kondisi ini, seperti Jambret atau copet. Kami akan selalu mengantisipasi hal tersebut, dengan cara melakukan pemantauan di seluruh wilayah pelabuhan” kata Cucu. Menurutnya, pengamanan puncak mudik lebaran, pihaknya telah menurunkan 100 personil.

(cece)

(dibaca 609 X)