Kasal TNI Resmikan Pangkalan Utama AL XII Pontianak

| Share on Facebook
.Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. saat menyaksikan penandatangan berita acara oleh Komandan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Heru Santoso, M.Si. (Ft.Dispenal)

.Kasal Laksamana TNIKasdam Lepas Yonif 132/Bima Sakti. Lanjut Baca ... » Ade Supandi, S.E., M.A.P. saat menyaksikan penandatangan berita acara oleh Komandan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Heru Santoso, M.Si. (Ft.Dispenal)

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Ade Supandi, pada Jumat (7/8) meresmikan Lantamal XII Pontianak, Lantamal XIII Tarakan, dan Lantamal XIV Sorong. Peresmian dilakukan atas 4 dasar, yakni  Peraturan Pang TNI Nomor 12 Tahun 2015 tanggal 9 Juni 2015 tentang Pengesahan Validasi Organisasi dan Tugas Lantamal XII Pontianak, Lantamal XIII Tarakan, dan Lantamal XIV Sorong, serta 3 Peraturan Kasal, Nomor 3, 4, dan 5 Tahun 2015 tentang Peningkatan Pangkalan TNI Angkatan Laut Kelas B Menjadi Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut.

Berdasarkan Rilis Dinas Penerangan Mabes AL, dijelaskan bahwa secara geografis peningkatan ketiga pangkalan yang berbatasan langsung dengan tiga negara tersebut dalam rangka memperkuat kedaulatan NKRI. “Dengan demikian, peningkatan status inipun berlaku pula untuk komandan yang menjadi pemangku tugas yang tadinya berpangkat kolonel menjadi bintang satu. Jumlah personel pun meningkat meningkat dari 280 orang menjadi 1.300 orang.”

Sebagai representasi TNI AL di daerah, Lantamal juga mempunyai peran yang sangat strategis. Kedudukan Lantamal yang berada di daerah merupakan kepanjangan tangan dari Markas Besar TNI AL dan Komando Armada Kawasan dalam mendukung unsur-unsur operasional menanggulangi tindak pelanggaran di laut yang masih cukup tinggi. Seperti, permasalah di perbatasan dengan negara tetangga, kejahatan lintas negara (perampokan, human trafficking, illegal logging, illegal fishing, dan kegiatan illegal lainnya).

“Lantamal yang berada di baris terdepan dalam mempertahankan wilayah perairan yurisdiksi nasional dan ikut bertanggungjawab dalam memberikan jaminan keamanan laut di wilayah, juga berperan memberikan konstribusi sebagai motivator dan dinamisator dalam pembangunan kelautan daerah.”

(dibaca 364 X)