Kejar Optimalisasi Penerimaan Pajak PBB, Dispenda Kalbar Gelar Rakor

| Share on Facebook

rapat-koordinasi-pbb

LENSAKAPUAS, PONTIANAK – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Kalimantan Barat melakukan Rapat Koordinasi  Pajak Bumi dan Bangunan se-Kalimantan Barat Ta 2016 dengan menghadirkan sejumlah narasumber dari Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI. Turut  hadir Kepala Kanwil Pajak Provinsi Kalbar, para kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar dan Sekda kabupaten/kota se-Kalbar,” ujar  Drs. Aswin Khatib, M.Si  Kabid Wasbin Dispenda KalbarLewat Worshop, Dispenda Janji Tingkatkan Layanan Bagi Wajib Pajak. Lanjut Baca ... »  di Hotel Orchad Gajah Mada Pontianak, pada Rabu (2/11).

Rakor PBB se-Kalbar  Ta 2016, kata Aswin, bertujuan untuk mengoptimalkan penerimaan pajak PBB P-2, PBB P-3 dan PPh. “Selain itu, juga dalam upaya mengkoordinasikan dan membahas  berbagai kendala aktual sesuai kondisi objektif dalam pengelolaan di lapangan. Dikaitkan dengan fenomena yang terjadi sehingga  disepakati dengan Pemerintah Pusat, makanya tema Rakor PBB  se-Kalbar tahun 2016 ini, yakni Peningkatan Koordinasi dan Sinergitas  Antara Pemerintah Provinsi, kabupaten/kota se-Kalbar dengan Pemerintah. Dalam rangka pengamanan dan optimalisasi pendapatan daerah yang bersumber dari dana pajak penghasilan (PPh).”

Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kalbar Samuel,SE. M.Si dalam sambutannya, menyampaikan bahwa penerimaan daerah melalui PBB sektor PBB P-2 merupakan tantangan bagi pemerintah daerah untuk tetap menjadikan PBB P-2 sebagai salah satu sumber PAD yang potensial. “Tentunya dalam hal ini pemerintah daerah dituntut untuk lebih cerdas menyikapi segala kondisi dan persoalan yang muncul nantinya,” kata dia.

Dalam pengelolaan PBB sektor PBB P-2, menurut Samuel,  diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan mampu bekerja dengan baik untuk dapat melaksanakan pemungutan dan memberikan pelayanan yang maksimal dalam rangka optimalisasi PAD. “Sehingga diharapkan kepada pemerintah kabupaten/kota untuk memantapkan dan melakukan upaya yang komprehensif  dalam mendukung terbentuknya SDM yang berkualitas,” tandas Kadispenda Samuel. (Sur)

Editor : Novi

(dibaca 37 X)